Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gerakan Pramuka Harus Siap Hadapi Tantangan Global

Senator Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Jakarta - "Our World: Our Equal Future: The Environment and Gender Equality" artinya "Dunia Kita: Masa Depan Kita yang Setara: Lingkungan dan Kesetaraan Gender". Demikian tema Hari Kepanduan Sedunia 2023 yang diperingati hari ini, Rabu (22/2/2023).

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief mengatakan, Gerakan Pramuka adalah sebuah wadah yang baik dalam membentuk karakter pemuda menjadi pribadi yang mandiri, berdisiplin, suka menolong, berjiwa sosial tinggi dan karakter positif lainnya.

"Saya pernah terlibat langsung di Pramuka. Dalam organisasi ini jiwa mandiri, toleran, peduli, terampil, kreatif, disiplin dan banyak lagi nilai-nilai positif lainnya diajarkan dengan kemasan kegiatan menarik di alam bebas dengan cara yang menyenangkan dan menantang," kata Hj Riri Damayanti John Latief.

Lulusan Psikologi Universitas Indonesia ini menjelaskan, tantangan yang dihadapi Gerakan Pramuka pada era globalisasi ini jauh lebih rumit, kompleks dan tentu tidak lagi sesederhana tantangan yang dihadapi oleh para generasi terdahulu.

"Harus berbekal penguasaan atas teknologi, sumber daya manusia yang unggul, berdaya saing tinggi, produktif, inovatif dan proaktif dalam menyikapi tantangan di era 4.0. Insya Allah Gerakan Pramuka Indonesia mampu menjawab tantangan ini," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Kakak Pembina Duta Generasi Berencana (GenRe) BKKBN Provinsi Bengkulu ini menekankan, Gerakan Pramuka mesti dipertahankan menjadi ekstrakurikuler yang digandrungi oleh para pelajar, baik di sekolahan tingkat dasar hingga tingkat sekolah tinggi.

"Manfaat Gerakan Pramuka ini sangat jelas. Banyak kemampuan yang sulit didapat anak muda di tempat lain. Setiap sekolahan harus menekankan setiap siswanya untuk ikut dalam gerakan ini. Apalagi kegiatan-kegiatannya tidak membutuhkan banyak biaya," sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Dewan Pembina Karang Taruna Provinsi Bengkulu ini optimis, tema Hari Gerakan Pramuka Sedunia 2023 ini mampu mempromosikan sebuah dunia yang setara, masa depan yang indah dalam bentuk pelestarian lingkungan dan kesetaraan gender.

"Ini menuntut peran aktif Gerakan Pramuka Indonesia dalam setiap upaya keberlanjutan dan pelestarian lingkungan, bekerja menuju masa depan yang lebih baik," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]