Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Gebyar SMK, BPJAMSOSTEK Bengkulu Serahkan Kartu Kepesertaan Untuk Siswa Magang

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - BPJS Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Kantor Cabang Bengkulu menyerahkan kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan secara simbolis kepada siswa-siswi SMK pada acara Event Gebyar SMK Provinsi Bengkulu 2023 di Sport Center Bengkulu, Sabtu (25/02).

Pemberian Kartu BPJS Ketenagakerjaan diserahkan langsung oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bengkulu, bersama Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah. 

Diketahui bahwa terdapat 9.845 siswa seluruh SMK yang akan melaksanakan magang pada tahun ini. Terkait hal tersebut, BPJS Ketenagakerjaan sudah berkomitmen dengan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu melalui kepala-kepala sekolah di SMK untuk didaftarkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

M.Nuh selaku Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bengkulu saat dikonfirmasi oleh media ini menyampaikan, "BPJS Ketenagakerjaan dalam hal perlindungan tidak hanya di lingkungan pekerja saja, tetapi juga termasuk anak magang maupun PKL harus terlindungi yana mana sudah diatur melalui regulasi Permenaker No 05 tahun 2021 tentang perlindungan anak magang serta surat edaran dari Provinsi Bengkulu melalui kepala Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu," sampainya.

Lebih lanjut M.Nuh juga mengatakan bahwa saat ini telah 3 SMK yang terdaftar dikepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dengan jumlah 75 siswa anak magang. 

"Nanti akan kita daftarkan secara bertahap, karena jadwal magang itu rata-rata diatas bulan Mei, dan kami juga menghimbau sekolah-sekolah khususnya SMK yang sudah melaksanakan praktek magang untuk siswa-siswanya agar berkolaborasi dengan kami dalam hal perlindungan adik-adik kita selama magang atupun PKL tersebut," tambahnya.

Chandra salah satu siswa SMK N 2 Seluma yang sudah terdaftar sebagai BPJS Ketenagakerjaan merasa sangat senang dan aman karena telah dilindungi oleh program BPJS Ketenagakerjaan.

"Terima kasih kepada BPJS Ketenagakerjaan dan sekolah yang telah mendaftarkan saya sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga selama magang jika ada kecelakaan kerja, saya merasa aman karena sudah terlindungi oleh BPJS Ketenagakerjaan," ungkapnya.

Dikesempatan ini, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah menyampaikan bahwa SMK telah bekerjasama dalam hal perlindungan kecelakaan kerja.

"Jadi kita kerjasama untuk SMK ini dimasukan ke BPJS Ketengakerjaan karena memang mereka biasanya pada semester-semester akhir melakukan magang dan PKL kelapangan masuk kedunia kerja, tentu ada resiko disitu jadi untuk memastikan keamanan dan keselamatan kerja serta jaminan kerja dimasukanlah ke peserta BPJS," kata Gubernur.[Rls]