Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Hadirkan Board Games, Perwakilan Universitas Bengkulu Raih Juara 2 Kategori Sosial JR-ROVATION

PedomanBengkulu.com, Jakarta - PT Jasa Raharja mengumumkan pemenang Kompetisi JR-Rovation 2022 hasil seleksi 171 peserta dari 25 perguruan tinggi di Indonesia.

JR-Rovation adalah program kompetisi yang dinisiasi BUMN PT Jasa Raharja untuk mengajak generasi muda lebih peduli terhadap isu keselamatan di jalan raya.

"Kami ingin mengapresiasi inovator muda dari kalangan mahasiswa di seluruh Indonesia atas inovasi dan partisipasi aktif dalam mendukung keselamatan berkendara guna menurunkan angka kecelakaan lalu-lintas,” kata Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A. Purwantono, dikutip hari ini, Sabtu, 3 Desember 2022.

Jasa Marga memberikan hadiah uang tunai bagi para menang kompetisi inovasi jalan raya tersebut sebesar: 

Rp 70.000.000 untuk Juara 1
Rp 50.000.000 untuk Juara 2
Rp 30.000.000 untuk Juara 3.

Berdasarkan hasil beberapa fase seleksi hingga terpilihlah 10 finalis. Mereka mempresentasikan secara langsung ide inovatif di hadapan Dewan Juri Kompetisi JR-Rovation 2022 di The Ice Palace, Jakarta, pada Kamis, 1 Desember 2022.

Para juri terdiri Rio Octaviano dari Road Safety Association, Fitra Eri selaku jurnalis/pemerhati otomotif, serta perwakilan sponsor di antaranya Astra Honda Motor (AHM), Wuling Motor, Amazon Web Service (AWS), dan World Health Organization.

Setelah melalui perundingan yang seksama, dewan juri pun sepakat untuk mengumumkan 3 besar pemenang untuk masing-masing kategori yaitu:
Kategori sains:
Juara 1: Universitas Kebangsaan Republik Indonesia
Juara 2: Universitas Negeri Yogyakarta 2
Juara 3: Universitas Negeri Semarang 12
Kategori sosial:
Juara 1: Universitas Gadjah Mada 9
Juara 2: Universitas Bengkulu 14
Juara 3: Institut Teknologi Bandung 11

Tim Onschool Indonesia yang berasal dari Universitas Bengkulu menunjukkan kualitasnya pada ajang tersebut dengan berhasil meraih gelar juara 2 pada kategori sosial dengan menghadirkan inovasi untuk permainan anak yang akan menjadi upaya preventif dalam pencegahan kecelakaan sejak dini.

Adapun tim onschool indonesia tersebut terdiri dari ketua tim Dani fazli (Program Studi Teknik Elektro Universitas Bengkulu) serta anggota tim Muhammad daffa alfajri dan aisyah amalia (Program Studi Informatika Universitas Bengkulu).

“Kemenangan ini akan memberikan dampak positif bagi daerah, terlebih ide yang kami hadirkan sangat berguna dan tentunya relevan untuk mengedukasi anak dibawah umur dalam tertib berlalu lintas” Ungkap daffa, salah satu anggota tim.

“Perjuangan menuju torehan ini tidak mudah, tentu membutuhkan persiapan matang dari berbagai lini agar tercapai tujuan utama, awal yang sulit bagi kami disaat ruang kreativitas di kampus dipersempit, pengurusan administrasi sedikit dipersulit namun kami masih bisa memberikan perlawanan sengit” Kata Dani fazli, Ketua Tim Onschool Indonesia

“Sebelum di Jakarta, Kami berpartisipasi pada KMI Expo XIII di Jawa Timur, hasil benar – benar kurang memuaskan karena minimnya persiapan dari tim serta pihak kampus, harapannya kedepan pihak kampus dan tim – tim kontingen universitas bengkulu dapat mengevaluasi persiapan guna memperoleh hasil yang memuaskan,” Tambahnya.