Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tingkatkan Populasi Ikan, Disperkan Gelar Restocking di Danau Tes dan Danau Picung

PedomanBengkulu.com, Lebong -
Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan), Sabtu (26/11/2022) melaksanakan kegiatan Restocking atau pelepasliaran benih ikan di perairan umum. Sebanyak 100 ribu ekor benih Ikan Nilem secara bersamaan dilepas di dua lokasi, untuk lokasi Danau Tes dihadiri Bupati Lebong Kopli Ansori dilepas sebanyak 53 ribu ekor, dan untuk lokasi Danau Picung yang dihadiri Wabup Lebong Fahrurrozi dilepas sebanyak 47 ribu ekor.

Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo mengungkapkan, kegiatan restocking atau pelepasliaran ikan di dua perairan umum tersebut, merupakan kegiatan Bidang Perikanan Disperkan Lebong, sebagai langkah menjaga populasi ikan sekaligus menguatkan ekosistem lingkungan, khususnya keberlangsungan perkembangbiakan ikan. Untuk jenis bibit ikan yang ditebarkan adalah jenis ikan Nilem atau biasa juga disebut Ikan Palau, yang didatangkan langsung dari Balai Perikanan Budidaya Air Tawar (BPBAT) Sungai Gelam Jambi.

"Ada 100 ribu bibit ikan Nilem kita datangkan langsung dari BPBAT Sungai Gelam Jambi. Untuk Danau Tes dipimpin Pak Bupati Kopli Ansori, sedangkan di Danau Picung dipimpin Pak Wabup Fahrurrozi," ungkap Hedi Parindo kepada PedomanBengkulu.com Sabtu (26/11/2022) siang.

Ditambahkan Hedi, dari kegiatan Restocking benih ikan diharapkan ekosistem sumberdaya ikan bisa tetap terjaga. Setidaknya dari pertumbuhan ikan Nilem yang dilepas di perairan umum ini, kedepannya juga bisa bermanfaat secara luas bagi masyarakat secara berkelanjutan nantinya.

"Selain menjaga ekosistem, kegiatan Restocking benih ikan ini juga lebih menjaga keberlangsungan perkembangbiakan ikan yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat kedepannya," singkatnya.[spy]