Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri Apresiasi Pemda Terkait Kemajuan Pariwisata Bengkulu

Senator Riri Damayanti John Latief

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Mulai terkendalinya pandemi covid-19 pada tahun 2022 membuat sektor pariwisata di Indonesia kembali bergeliat. Di mata dunia, Indonesia bahkan disebut-sebut menjadi tujuan pariwisata yang paling aman, nyaman dan menarik. 

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia Hj Riri Damayanti John Latief memberikan apresiasinya atas terpilihnya Desa Wisata Belitar Seberang, Kabupaten Rejang Lebong sebagai salah satu Desa Wisata Terbaik Indonesia 2022.

Menurutnya, keberhasilan tersebut akan merangsang hidupnya semua sektor ekonomi dari mulai skala besar seperti hotel, maskapai, dan agen perjalanan hingga skala Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) minimal di daerah tersebut dan menstimulasi daerah-daerah lainnya untuk berkembang.

"Terkhusus untuk pemerintah daerah di Bengkulu, saya kasih 2 jempol. Berbagai upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bengkulu menurut saya sudah cukup baik. Pertahankan ini dan tingkatkan. Bengkulu punya potensi yang sangat besar selagi dikelola dengan benar," kata Hj Riri Damayanti John Latief, Rabu (2/11/2022).

Lulusan Magister Manajemen Universitas Bengkulu menjelaskan, diantara yang patut diapresiasi adalah kegiatan Hari Bebas Kendaraan yang dilaksanakan setiap dua pekan sekali di Pantai Panjang serta rencana dua event tingkat nasional yang akan digelar pada bulan Desember mendatang berikut berbagai persiapan yang mengiringinya.

"Kegiatan-kegiatan ini sangat membantu tumbuhnya sektor pariwisata. Selama ini Bengkulu memang mengandalkan pengembangan pariwisatanya dari kegiatan-kegiatan pemerintahan. Apalagi dengan adanya dua event nasional Desember mendatang Pemda telah bersiap untuk mensukseskannya dengan mempercantik destinasi-destinasi wisata yang Bengkulu miliki," ujar Hj Riri Damayanti John Latief.

Pun demikian, Wakil Ketua Umum BPD Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bengkulu ini berharap penataan juga bisa dilakukan terhadap infrastruktur jalan, bandar udara dan pelabuhan sehingga wisatawan bisa mendatangi Bengkulu dengan nyaman.

"Alhamdulillah pembangunan Jalan Tol Taba Penanjung-Bengkulu sudah rampung dan siap beroperasi. Akan kita kawal, mudah-mudahan pembangunannya bisa segera dilanjutkan sampai Curup-Lubuk Linggau sehingga bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk konektivitas wisatawan yang berkunjung ke Bengkulu," papar Hj Riri Damayanti John Latief.

Ketua Umum Pengurus Cabang (Pengcab) Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Kepahiang menambahkan, memperbaiki destinasi wisata yang dimiliki adalah salah satu langkah strategis dalam mengantisipasi ancaman resesi ekonomi tahun 2023 yang mengancam seluruh dunia.

"Saya yakin di Bengkulu sebenarnya masih banyak pariwisata yang tersembunyi dan belum diketahui oleh wisatawan luar. Ini perlu terus disuarakan oleh pemerintah. Saya sendiri di DPD RI akan terus berusaha mempromosikan wisata Bengkulu dengan kemampuan yang ada," demikian Hj Riri Damayanti John Latief. [Muhammad Qolbi]