Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Launching UHC, 96,27 Persen Warga Lebong Terdata Jaminan Kesehatan Nasional

PedomanBengkulu.com, Lebong - Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke 58 tahun 2022 tingkat Kabupaten Lebong, yang digelar di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong Selasa (22/11/2022) berjalan meriah. Dalam acara puncak HKN itu juga, dilaksanakan launching program Universal Health Coverage (UHC) kerja sama Pemkab Lebong dengan BPJS. Kemudian penandatanganan kerjasama Pemkab Lebong dengan Poltekkes Kemenkes Bengkulu terkait penanggulangan stunting berbasis ibu dan anak, pengembangan SDM, pengabdian masyarakat dan pendidikan pelatihan masyarakat.
Launching deklarasi 27 desa program Open Defecation Free (ODF). Serta penyerahan penghargaan bagi Puskesmas, RSUD dan tenaga medis teladan.

Kepala Dinkes Lebong Rachman 
menyebutkan, kado terbaik pada puncak HKN ke 58 di Kabupaten Lebong, untuk menjamin adanya pemerataan bagi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. Pihaknya dari jajaran Dinkes Lebong sudah berkerja keras, melalui pendataan masyarakat untuk terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Bahkan kerja keras tersebut, Kabupaten Lebong sudah melebihi target pencapaian input data JKN, sebanyak 96,27 persen masyarakat Kabupaten Lebong sudah terdata dalam program UHC.

"Berkat kerja keras seluruh jajaran Dinkes Lebong, untuk pencapaian bidang kesehatan terutama program JKN, secara keseluruhan Kabupaten Lebong sudah terjamin JKN, melalui program UHC terhitung sejak bulan November 2022. Sebanyak 96,27 persen masyarakat Kabupaten Lebong kini sudah terjamin sebagai penerima program JKN kerjasama dengan BPJS," ungkap Rachman kepada PedomanBengkulu.com Selasa (22/11/2022) siang.

Sementara itu, Bupati Lebong Kopli Ansori usai acara menyampaikan apresiasi atas pencapaian jajaran Dinkes Lebong, dalam memberikan pelayanan dasar bidang kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lebong. Untuk tenaga kesehatan, dirinya menekankan untuk tetap menjaga kuantitas dalam memberikan disaat melayani masyarakat. Dengan senyum dan bahagia sesuai moto Lebong yang bahagia dan sejahtera.

"Apresiasi yang tinggi kepada Dinkes dan tenaga kesehatan, yang memang solid dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bidang kesehatan bagi masyarakat. Apalagi bidang kesehatan merupakan salah satu pelayanan dasar bagi masyarakat. Sekali lagi saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya, atas kinerja yang baik selama ini," sampai Bupati Kopli.

Dilanjutkannya, dirinya meras bersyukur bahwa Kabupaten Lebong dalam pencapaian input data UHC, sudah mencapai 96,27 persen. Ini menunjukkan adanya komitmen terhadap pelayanan kesehatan yang maksimal bagi masyarakat. Dengan dilaunchingnya program UHC, memberi kemudahan masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan. 
"Sekarang masyarakat tidak perlu repot-repot lagi untuk mendapatkan pelayanan kesehatan, karena kartu BPJS sehari bisa langsung aktif. Apabila masyarakat sakit tidak punya BPJS yang ingin berobat, langsung dibuatkan kartu BPJS dan sehari bisa langsung aktif. Jadi, tidak ada lagi menunggu waktu lama untuk mengaktifkan kartu BPJS dan masyarakat bisa langsung mendapatkan pelayanan untuk berobat," pungkasnya.

Berdasarkan pantauan PedomanBengkulu.com, acara peringatan HKN ke 58 tingkat Kabupaten Lebong selain dihadiri Bupati Lebong Kopli Ansori, juga dihadiri para staf ahli, Asisten dan Kepala OPD. Pabung TNI 0409 RL, Kapolsek Lebong Utara, Pimpinan Poltekkes Kemenkes Bengkulu. Asisten Deputi Bidang PKKC BPJS Ksehatan wilayah Sumsel, Babel dan Bengkulu, Kepala cabang BPJS Rejang Lebong dan kepala BPJS Lebong. Kemudian jajaran Dinkes Lebong seperti Puskesmas dan RSUD Lebong, para Camat dan Kepala Desa.[spy]