Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kopli Ansori Lantik Kabinet Baru Hasil Seleksi JPTP Pemkab Lebong

PedomanBengkulu.com, Lebong - Setelah cukup lama mengalami kekosongan pejabat eselon II di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong. Bertempat di Aula Setda Lebong Kamis (3/11/2022) siang, pengisian Kabinet pemerintahan Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wakil Bupati Lebong Fahrurrozi akhirnya dilantik. Pelantikan dilakukan berdasarkan hasil seleksi terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) tahun 2022.

Sejatinya sebanyak 18 Kepala OPD yang harusnya dilantik,  karena sudah mengantongi rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Namun, ada kekhususan untuk Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil), setiap pengisian pejabatnya juga harus mendapatkan rekomendasi dari Kemendagri RI. Untuk itu, Bupati Lebong Kopli Ansori yang didampingi Wabup Lebong Fahrurrozi, baru melantik 17 Kepala OPD. Sedangkan untuk jabatan Kepala Dinas Dukcapil Lebong hasil lelang JPTP, akan dilaksanakan pelantikan susulan. 

Usai pelantikan, Bupati Lebong Kopli Ansori mengatakan, bahwa pelantikan pejabat eselon II hasil seleksi terbuka JPTP tersebut, dari sisi pemerintahan sudah sangat layak untuk dilantik. Mengingat sudah hampir setahun, masih banyak OPD yang kekosongan jabatan eselon II secara definitif.

"Seluruh pejabat yang dilantik ini semoga bisa bekerja maksimal, mereka harus fokus berkerja sesuai RPJMD Lebong untuk mewujudkan visi dan misi kami (Bupati -Wabup,red) menuju Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera," ungkap Bupati Kopli Ansori didampingi Wabup Fahrurrozi kepada awak media di Aula Setda Lebong, Kamis (3/11/2022) siang.

Terkait masih ada satu jabatan Kepala OPD yakni Dinas Dukcapil Lebong yang belum dilantik, Bupati Kopli menegaskan bahwa secara keseluruhan 18 jabatan eselon II yang dilelang sudah mengantongi rekomendasi dari KASN.

"Dari 18 jabatan yang dilelang semuanya sudah mendapatkan rekomendasi dari KASN. Namun untuk pengisian Kepala Dinas Dukcapil, untuk pelantikannya kita harus mendapatkan izin dari Kemendagri," singkatnya.

Adapun daftar Ketujuh belas pejabat eselon II yang dilantik berdasarkan SK Bupati nomor 395 tahun 2022 Pengangkatan dan Pemindahan Dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) di Lingkungan Pemkab Lebong. Diantaranya ada Riki Irawan, S.Sos., M.Si sebagai Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Lebong, Epan Gustanto SP mengisi jabatan Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Lebong. Joni Prawinata, SE., MM secara definitif menjabat Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Perhubungan (PUPRP-Hub) Lebong.

Kemudian jabatan Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebong, Tantomi, SP,  Hartoni SP MM sebagai Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Lebong, 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Lebong dijabat Indra Gunawan, SP., M. Si. Selanjutnya, Saprul SE memegang jabatan Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Statistik dan Persandian (Kominfo-SP) Lebong. Mahmud Siam SP., MM sebagai Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil Menengah (Disperindagko UKM) Lebong.

Selanjutnya, Yuswati SKM dilantik sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendali Penduduk dan Keluarga Berencana 

(DP3APPKB) Lebong. Hedi Parindo, SE sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Lebong,  Drs A Ghozali dilantik sebagai Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Lebong. Andrian Aristiawan SH menjabat sebagai Kepala Satuan Pamong Praja (Satpol PP) Lebong,

Nurmanhuri SE menjabat sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Perpus Arsip) Lebong 

Selanjutnya ada Erik Rosadi, SSTP M. Si secara definitif menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Lebong dan Nelawati SP MM secara defenitif sebagai Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Lebong.

Kemudian dari 17 Pejabat eselon II hasil lelang JPTP yang dilantik, terdapat dua pejabat baru dari luar Kabupaten Lebong dan sebelumnya bertugas di Pemerintah Provinsi Bengkulu. Meliputi Zulhendri S.Sos yang terpilih menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Lebong dan Dr H Hambali, S.Pd., M.Pd., MH yang menjabat Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Lebong.

Selain pelantikan pejabat eselon II, terdapat tiga pejabat eselon III yang ikut dirotasi dan dilantik. Berdasarkan SK Bupati Lebong nomor 396 tahun 2022 tentang Pengangkatan dan Pemindahan Pejabat Administrasi di Lingkungan Pemkab Lebong. Seperti jabatan Sekretaris BKPSDM Lebong sebelumnya dipegang Apedo Irman Bangsawan, diroling posisi baru sebagai Sekretaris Disnakertrans Lebong. Sementara Beni Kodratullah yang sebelumnya menjabat sebagai Disnakertrans menempati posisi yang ditinggalkan Apedo Irman Bangsawan sebagai Sekretaris BKPSDM Lebong. Selanjutnya Dani Arizon diangkat jabatan baru menjadi Irban Wilayah III Inspektorat Lebong. [spy]