Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kopi Bengkulu Diminati di Malaysia

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Kopi Bengkulu tidak diragukan lagi. Bukan hanya dari cita rasanya saja. Secara produksi, pada tahun 2016, Bengkulu tercatat sebagai penghasil kopi Robusta terbesar ketiga di Indonesia setelah Lampung dan Sumatera Selatan. Kemudian disambut dengan penetapan kopi Bengkulu sebagai produk unggulan daerah oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu.

Pada kejuaraan kopi internasional yang digelar oleh Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA) di Prancis. Kopi Bengkulu berhasil mendapatkan juara dengan 3 katigori sekaligus.

Kini kopi Bengkulu dengan merk dagang Bencoolen Coffee semakin dikenal bukan hanya di dalam negeri namun sudah merambah ke negeri tetangga, yaitu Malaysia. Kopi Bengkulu di Negeri Jiran Malaysia menjadi kopi paling diminati. Hal ini semakin memantapkan langkah Kopi Bengkulu untuk mendunia setelah Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah meresmikan Bencoolen Coffee Malaysia di Suasana PJH Putra Jaya Malaysia, Kamis (03/11). 

Duta Besar Indonesia untuk Malaysia Hermono mengapresiasi semakin diminatinya Kopi Bengkulu di Malaysia sejak 2019 lalu. Di mana Outlet Bencoolen Coffee berdiri pertamakali pada tahun 2019 yang ditandai dengan perjanjian kerjasama antara dirinya dengan salah satu pengusaha kopi di Indonesia.

Lebih daripada itu, konsep Outlet Bencoolen Coffee menurut Hermono, tidak hanya sekedar menjual kopi tapi bagaimana menghubungkan orang, budaya dan juga ide-ide kreatif terkait hubungan bilateral antara Bengkulu-Indonesia dan Malaysia

"Jadi ini saya kira konsep yang sangat baik, terus meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Malaysia," ungkapnya. 

Selain itu dikatakan Hermono, kehadiran Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah bersama perangkat Pemprov Bengkulu menunjukkan kuatnya komitmen untuk menghubungkan antara Bengkulu dan Malaysia pada khususnya. Tidak hanya hubungan ekonomi tapi terkait hubungan kekeluargaan dan kebudayaan. 

"Kalau semua gubernur seperti Gubernur Bengkulu maka dengan sendirinya akan semakin banyak orang-orang di Malaysia yang lebih mengenal provinsi-provinsi yang ada di Indonesia," ujarnya. 

Senada juga diungkap Gubernur Rohidin Mersyah. Menurutnya dengan semakin banyaknya Outlet Bencoolen Coffee di Malaysia semakin mengembangkan kecintaan masyarakat Malaysia terhadap Kopi Bengkulu yang memiliki cita rasa terbaik di kelasnya. 

"Kami sudah bersilaturahmi ke KBRI dan mendapatkan sambutan yang hangat dan juga memberikan saran untuk ke depan kerjasama pengembangan kopi Bengkulu di Malaysia semakin baik," ungkap Gubernur Rohidin. 

Sementara itu juga disampaikan oleh pemilik Outlet Bencoolen Coffee Mohammad Fazlin, bahwa setidaknya telah berdiri 4 outlet Bencoolen Coffee di negeri Malaysia dengan menyediakan kopi Bengkulu jenis Fine Robusta.

"Seiring berjalannya waktu dan kopi Bengkulu sangat diminati di Malaysia, maka kembali kami mendirikan outlet lainnya," katanya. 

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut perwakilan dari President/ Walikota Putra Jaya Coorporation Puan Khairun Nadia binti Nikman, Dedi Yudianto, Pengarah Cybers Group Indonesia (CGI), Dato Zainal Abidin Sakom selalu Presiden Persatuan Bencoolen Malaysia beserta istri dan Para Pelaku Usaha/ investor lainnya. [ADV]