Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

KBA Lempuing, Dari Kawasan Gersang dan Kumuh Menjadi Kampung Berseri

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Menyusuri Kampung Berseri Astra (KBA) yang terdapat di Kelurahan Lempuing Kecamatan Ratu Agung Kota Bengkulu terasa cukup sejuk dengan pepohonan hijau yang sengaja ditanam oleh para warga. Meski tergolong kawasan padat penduduk tapi kesan bersih, rapi dan asri terpancar dari kawasan yang terdiri dari 1 RW (003) 7 RT (11, 12, 13, 14, 15, 17 dan 18) ini.

Sahroni (47) ialah Ketua KBA Lempuing berbagi cerita tentang semangat mengubah lingkungan tersebut.

"Predikat gersang dan kumuh menjadi latar belakang dinobatkannya kawasan ini menjadi Kampung Berseri Astra pada November 2017 lalu," tutur Sahroni mengawali ceritanya.

Ketua KBA Lempuing & Insan Pers Bengkulu

Namun sejak dinobatkan menjadi Kampung Berseri Astra, secara bertahap dirinya bersama warga perlahan membenahi kawasan tersebut.

Mula-mula cerita Sahroni, dia berkoordinasi dengan tokoh masyarakat sekitar untuk menumbuhkan rasa kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan.

Ia mengisahkan, menjaga lingkungan tetap bersih dan asri menjadi prioritas yang sangat tinggi demi kenyamanan seluruh makhluk hidup. Lingkungan yang bersih, sejuk, dan asri akan membuat makhluk hidup yang tinggal di sekelilingnya dapat berkembang dengan baik.

Sebab, sebagian besar makhluk di bumi ini bergantung pada lingkungan sekitar, sebagai contoh adalah oksigen yang dikeluarkan dari pepohonan. Untuk itu, kegiatan melestarikan lingkungan harus terus dilakukan oleh semua orang.

"Beberapa program dilakukan. Mulai menanam pohon dan tanaman lain di lingkungan rumah, mural hingga pengelolaan limbah," kisahnya.

Menurutnya, sejumlah titik kini telah diubah dari sebelumnya gersang dan kumuh menjadi hijau berseri. Lahan yang kosong dimanfaatkan warga untuk menanam berbagai jenis sayuran dan buah-buahan, seperti terong ungu, singkong, kangkung, mangga, nangka, pisang dan lainnya.

Selain menggalakkan penghijauan, Sahroni dan tim juga mulai menekankan pentingnya memelihara kebersihan di kawasannya.

Karena kalau banyak tanaman tapi tidak ditata dengan baik, kotor, sampah di mana-mana, maka justru terlihat kumuh. Selain tidak enak dilihat, juga berpotensi jadi penyakit untuk warga.

Untuk mengatasi masalah kebersihan, KBA Lempuing tidak hanya mengandalkan imbauan yang sifatnya normatif, tetapi juga menyediakan tempat sampah yang cukup di berbagai area agar mudah diakses. Mulai dari tempat sampah di setiap rumah, di taman terbuka, dan beberapa area lainnya.


Saluran pembuangan air limbah juga tidak luput dari perhatian KBA Lempuing.

"Dulu, masih banyak limbah tinja yang mengalir langsung ke siring. Alhamdulillah setelah kita lakukan pendekatan, saat ini setiap rumah sudah mempunyai septic tank," ungkapnya.

Lanjutnya, menyulap tembok dengan seni lukis mural juga dilakukan untuk lebih mempercantik lingkungan.

Jadi, saat berkunjung di KBA Lempuing kesan gersang dan kumuh kini sudah benar-benar terlepas.

Bagi yang belum mengetahui, Kampung Berseri Astra atau disingkat KBA merupakan program corporate social responsibility (CSR) Astra yang diberikan kepada masyarakat dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program CSR, yaitu, Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan, dan Kesehatan.

Melalui program ini masyarakat dan Astra berkolaborasi untuk bersama mewujudkan wilayah yang bersih, sehat, cerdas, dan produktif.[Kucir.06]