Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Panen Raya MT-2 Talang Liak II, Bukti Lebong Bisa Panen Dua Kali Setahun

PedomanBengkulu.com, Lebong - Kerja keras Kepala Desa dan masyarakat Desa Talang Liak II Kecamatan Bingin Kuning Kabupaten Lebong, dalam melaksanakan program musim tanam kedua (MT-2) tahun 2022, akhirnya menuai hasil yang memuaskan. Selain itu, pembuktian bahwa Kabupaten Lebong bisa panen dua kali setahun dengan dilaksanakannya panen raya padi MT-2 di lahan persawahan sekitar 130 hektar Kamis (20/10/2022) di Desa Talang Liak II. 

Dalam acara tersebut, tampak dihadiri langsung Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Wabup Lebong Fahrurrozi, Unsur Forkompinda Lebong meliputi Ketua DPRD Lebong, Kajari Lebong, Ketua PN Tubei, Pabung TNI 0409 RL, Kasat Binmas Polres Lebong. Selanjutnya Sekda Lebong, Ketua TP PKK Lebong, Ketua Darma Wanita Lebong, sejumlah Kepala OPD, Camat dan Kades. Sedangkan Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah diwakili Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan.

"Alhamdulillah hari kita sama-sama melihat upaya dan partisipasi yang sudah dilakukan oleh masyarakat Talang Liak 2. Hasil sudah maksimal yang didapatkan masyarakat dan kelompok tani Talang Liak 2. Maka hari ini kita melaksanakan launching panen raya MT-2," ungkap Bupati Lebong Kopli Ansori disela kegiatan Panen raya padi MT-2 di Desa Talang Liak II Kamis (20/10/2022) siang.

Dikatakan Bupati Kopli, panen raya MT-2 ini bisa dilakukan karena adanya dukungan penuh dari Pemerintah Desa dan masyarakat Desa Talang Liak II yang dengan sadar ikut serta dalam program MT-2. Dukungan masyarakat dan dukungan penuh Dana Desa 20 persen yang diberikan Kades Talang Liak II kepada masyarakatnya, untuk program berkelanjutan yang sifatnya dirasakan langsung oleh masyarakat. 

"Mudah-mudahan program berkelanjutan seperti ini bisa terealisasi didesa-desa di kecamatan lain pada tahun 2023. Dengan keputusan seperti ini, bisa menciptakan masyarakat Kabupaten Lebong yang bahagia dan sejahtera," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan juga menyampaikan pihaknya akan memberikan dukungan dan siap berkolaborasi untuk mensukseskan program MT-2 di Kabupaten Lebong. Ricky dengan gamblang mengatakan akan terus mendukung dariprogram Pak Bupati Lebong untuk meningkatkan Indek Pertanaman (IP) 200 di Kabupaten Lebong. 

"Kita akan mendukung melalui program provinsi maupun program pusat untuk mendukung program peningkatan IP 200 di Kabupaten Lebong. Tentunya kita akan tetap berkolaborasi untuk mendukung penuh program pak Bupati Lebong," singkat Kadis Ricky.

Kesuksesan program MT-2 yang dilaksanakan di Desa Talang Liak II ternyata memang buah kerja keras dan kolaborasi yang baik, dari Pemdes Talang Liak II dengan Pemkab Lebong melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong. Seperti yang diungkapkan Kades Talang Liak II Afrildo. 

Disebutkan Afrildo, pihaknya dari Pemdes memang merealisasikan program ketahanan pangan melalui Dana Desa 20 persen, kemudian dalam pelaksanaan kegiatannya pihaknya sangat terbantu dengan adanya dukungan bibit, pestisida, racun tikus dan program Gropyokan Tikus serta pendampingan jajaran Disperkan Lebong.

"Mulai dari turun tanam, penanggulangan hama dan perburuan tikus, kami selalu didampingi pihak Disperkan. Yang lebih memberi kami semangat dalam program MT-2 adalah kehadiran Pak Bupati Lebong Kopli Ansori, yang selalu datang memantau setiap tahapan yang dilakukan selama program MT-2 di desa kami dan selalu memberikan semangat moril kepada saya agar masyarakat Talang Liak II bisa bahagia dan sejahtera," beber Kades Afrildo.

Dalam kesempatan itu, Afrildo menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Talang Liak II yang ikut serta dalam program MT-2. Kemudian ucapan terima kasih terkhusus kepada Bupati Lebong Kopli Ansori dan Kadis serta jajaran Disperkan Lebong, unsur Tripika Kecamatan Bingin Kuning yang selalu memberikan semangat bagi pihaknya dalam melaksanakan program MT-2 didesanya.

"Jika kami (Desa Talang Liak II,red) bisa, saya yakin desa-desa lainnya juga bisa melaksanakan program MT-2. Kalau boleh jujur, melihat senyum dan antusias warga ikut panen, ada kepuasan tersendiri yang tidak bisa saya ungkapkan. Yang jelas saya puas, bahwa program Pemkab Lebong yang kami laksanakan untuk masyarakat sudah terlaksana sesuai diharapkan," pungkasnya.[spy]