Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Desa Ini Layak Jadi Desa Tertib Hewan Tenak

 


PedomanBengkulu.com, Kaur - Hewan ternak berkeliaran bebas manjadi momok bagi masyarakat di Kabupaten Kaur, bukan saja bagi pengguna jalan raya juga bagi para Petani yang resah akan banyaknya hewan ternak yang berkeliaran bebas.

Namun dari 192 desa dan kelurahan di Kaur ada salah satu desa yang bisa dikategorikan sangat tertib hewan ternak yaitu Desa Air Palawan Kecamatan Massal. 

Kepala Desa Air Palawan, Ibu Sukma mengatakan sejak tahun 2008 di Desanya sudah diterapkan peraturan bagi pemilik hewan ternak agar ternaknya di Kandang dan hingga sekarang masyarakat desa tersebut mentaati aturan tersebut.

"Sebelum ada aturan dikandangi hewan ternak ini diterapkan masyarakat sangat resah terutama para petani karena di desa kami masyarakatnya mayoritas petani namun setelah kita terapkan peraturan itu Alhamdulillah keresahan masyarakat tidak ada lagi dan dalam melakukan pertanian lebih nyaman," Ibu Sukma menjelaskan.

Diketahui permasalahan Hewan Ternak berkeliaran bebas di Kabupaten Kaur sudah menjadi perbincangan dikarenakan selain dari pada mengganggu tanaman petani juga sering menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas yang tidak jarang menyebabkan kematian bahkan belum lama ini yang menjadi korban adalah anggota Paskibraka Kabupaten Kaur yang akibatnya korban tersebut meninggal Dunia.

Dengan tertibnya masyarakat Desa Air Palawan dalam mengurus hewan ternak ini diharapkan menjadi contoh yang baik bagi desa-desa yang lain. [DS]