Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bawa Desain Retro Klasik Modern, All New Honda Scoopy Semakin Fenomenal

PedomanBengkulu.com - Sejak rilis pertama kali pada tahun 2020 silam, Honda Scoopy langsung berhasil mendapatkan perhatian penikmat motor skuter matik alias skutik. Bagaimana tidak, Scoopy hadir dengan mengusung konsep retro klasik modern yang sangat unik, sangat pas untuk generasi muda milenial yang ingin tampil trendi saat menjalani aktivitas sehari-hari. 

Lalu, apa saja spesifikasi dari All New Honda Scoopy terbaru yang bikin motor matik satu ini layak untuk dibeli? Ini beberapa di antaranya:

Desain dan Tampilan

Scoopy terbaru satu ini punya kesan retro klasik yang kental. Selain itu, AHM (Astra Honda Motor) juga memberikan tampilan siluet S-shape dan bentuk yang serba bulat. Lampu bagian depan memakai LED Projector yang memberikan cahaya lebih terang, ditunjang dengan penerapan Daytime Running Light di area sekitarnya.

Lampu sein masih mengusung jenis lampu halogen. Hanya saja, lampu dipasang terpisah dengan lampu utama. Kaca spion juga masih menggunakan bentuk bulat dengan warna yang serupa dengan warna bodi. Sedangkan di bagian belakang, lampu sein juga dibuat sama dengan bagian depan. Lampu rem alias stop-lamp punya bentuk bulat lengkap dengan tambahan mika reflektif yang menampilkan nuansa seperti nyala lilin.

Terakhir, pada bagian ban, digunakan pelek berukuran 12 inci dengan pilihan warna yang beragam sesuai dengan tipenya. Scoopy sendiri hadir dalam 4 tipe, yaitu Prestige yang memakai pelek berwarna coklat, tipe Fashion dan Sport punya pelek warna hitam, dan tipe Stylish memiliki warna perak.

Dapur Pacu

Lanjut ke bagian dapur pacu, All New Honda Scoopy menggunakan mesin dengan kapasitas 110 cc lengkap dengan pendingin udara, SOHC 4-langkah, PGM-FI, eSP, dan transmisi V-Matic serta otomatis. Mesin ini dapat menghasilkan daya maksimal sebesar 9 ps pada 7.500 rpm dan torsi hingga 9,3 Nm pada 5.500 rpm.

Mesin berkapasitas 110 cc eSP ini pun punya Starter ACG yang membantu membuat kerja mesin jadi lebih halus. Bergantung pada tipenya, Scoopy 2022 punya dua model starter. Tipe Prestige dan Stylish telah mengusung konsep elektrik untuk menyalakan mesin. Bahkan, Anda tidak lagi membutuhkan kunci kontak untuk menyalakan mesin. Sedangkan untuk tipe Sport dan Fashion, starter yang dipakai masih jenis elektrik dengan memutar kunci atau starter kaki.

Kaki-Kaki dan Rangka

Lalu, bagian kaki-kaki dan rangka, All New Honda Scoopy memakai rangka jenis Underbone Enhanced Architecture Fram atau eSAF seperti Honda seri Genio dan BeAT. Model rangka ini punya beberapa kelebihan, misalnya lebih kokoh dan ringan, memiliki ketahanan lebih baik pada guncangan, juga memberikan menawarkan lebih banyak ruang bagi tangki bensin dan bagasi di bagian bawah jok.

Sementara pada bagian kaki-kakinya, All New Honda Scoopy memakai dua model suspensi, yaitu teleskopik pada bagian roda depan dan lengan ayun lengkap dengan peredam kejut tunggal pada bagian belakangnya. Ukuran ban motor skutik satu ini juga tidak sama. Bagian depannya memiliki ukuran 100/90 - 12 59J, sedangkan bagian belakangnya mengadopsi ukuran 110/90 - 12 64J. Terakhir, pada bagian pengereman depan menggunakan cakram hidrolik piston tunggal, dan bagian belakangnya tromol.

Fitur Penunjang Lainnya

Tak habis sampai situ, AHM juga memberikan Scoopy berbagai fitur penunjang yang pastinya membuat skutik satu ini semakin terlihat keren, nyaman, canggih, dan pastinya trendi dipakai sebagai tunggangan sehari-hari. Pertama, Anda dapat menjumpai fitur Smart Key System berupa remote yang bisa membantu mengoperasikan kendaraan tanpa bantuan anak kunci.

Lalu, skutik satu ini juga dilengkapi dengan sistem keamanan berupa alarm antimaling alias anti-theft alarm. Selanjutnya, ada pula fitur answer back system yang bisa Anda pakai untuk menemukan motor lebih mudah ketika diparkir pada lokasi yang begitu ramai. 

Sementara itu, pada bagian panel instrumen motor telah didukung oleh Combined Digital Panel Meter yang desainnya lebih besar. Anda bisa melihat informasi mengenai pemakaian bensin, aki, tripmeter, hingga jam.

Bagian speedometer atas juga ditunjang dengan beberapa indikator, yaitu lampu sein, lampu jauh, ECO, juga indikator Check Engine dan Idling Stop System. Guna meningkatkan kenyamanan Anda ketika berkendara, Scoopy 2022 juga ditunjang dengan charger socket USB pada boks konsol yang ada di sisi kiri lengkap dengan penutupnya, hook fungsional yang dapat dilipat untuk menggantung barang bawaan atau tas.

Butuh ruang simpan lebih luas lagi? Tenang saja, karena Scoopy terbaru ini juga memiliki bagasi model U-Boc yang punya kapasitas mencapai 15,4 L. Kapasitas ini pastinya sangat cukup untuk Anda meletakkan barang bawaan lebih banyak, bahkan bisa menyimpan helm cadangan.

Pada bagian pengereman, Anda dapat menemukan fitur Combi Brake System yang merupakan sistem gabungan dari rem depan serta belakang. Jadi, cukup hanya dengan menarik satu tuas, rem bagian depan dan belakang akan bekerja bersamaan. Alhasil, motor akan melambat dengan optimal. Masih ada lagi, yaitu fitur Parking Brake Lock yang punya fungsi serupa rem tangan mobil.

Jadi, ketika digunakan pada jalanan dengan kontur menanjak maupun menurun, fitur ini akan mengunci rem motor. Begitu pula ketika motor sedang dalam posisi parkir. 

"Tersedia empat pilihan dengan dua opsi warna, yaitu Fashion Black dan Blue, Sporty Red dan Black, Stylish Red dan Brown, dan Prestige Black dan White, ungkap Kepala Bagian Marketing Astra Motor Bengkulu, Chrystian David.

Untuk harga dirinya menjelaskan, Honda Scoopy varian Fashion dan Sporty hadir dengan harga On The Road (OTR) Bengkulu Rp 21.300.000, sedangkan untuk varian Stylish dan dan Prestige hadir dengan harga OTR Bengkulu Rp 22.110.000.

Sementara, Yosef Indrawan selaku konsumen New Honda Scoopy mengungkapkan Ia sangat senang dan jatuh hati dengan tampilan terbaru dari All New Honda Scoopy. Selain desain yang keren, disematkannya sejumlah fitur baru juga menjadikan Honda Scoopy memiliki daya pikat tersendiri. Menurutnya tampilan ini tidak hanya semakin mendukung gaya anak muda yang ingin tampil dan lebih oke, namun juga menjadi partner yang sangat keren dan membanggakan pengendaranya saat menjalani aktivitas keseharian.

"Body oke, bahan bakar irit, nyaman dipake. Varian warna sangat tidak membosankan. Kendaraan terhits masa kini," ujar Yosef.[Kucir.06]