Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sepeda Motor Anda Jarang di Servis Rutin? Ini Dampak Buruk yang Bakal Terjadi

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Merawat sepeda motor secara rutin sangat dianjurkan, agar mesin awet, aman dan nyaman saat digunakan berkendara. 

Kepala Bengkel Astra Honda Authorized Service Station (AHASS) Astra Motor Padang Jati, Iskandar menjelaskan, servis rutin bertujuan untuk meremajakan mesin sepeda motor dan mengembalikan setelan-setelan setiap komponen dikembalikan ke setelan pabrik.

“Jika sepeda motor jarang dilakukan servis tentunya lambat laun kondisi motor akan mengalami penurunan performa yang terkadang tidak disadari oleh pemiliknya,” jelas Iskandar.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan, beberapa bagian yang tidak terkontrol dan bisa menyebabkan kerusakan jika tidak dilakukan servis secara rutin, yaitu meliputi: keausan kanvas rem depan dan belakang, keausan ban luar depan/belakang, renggang celah klep.

Termasuk juga kebersihan throttle body/karburator, kebersihan & umur pakai saringan udara, kinerja sistem pendingin & kapasitas air radiator, jarak main bebas rantai roda, tekanan angin pada ban dan masih banyak lagi.

Berikut ini dampak buruk yang bakal terjadi jika pemilik motor jarang melakukan servis secara rutin, di antaranya:

1. Top Speed Menurun

Hal paling umum yang sering dialami oleh pengendara bermotor ketika jarang servis motor adalah tarikan atau akselerasi yang lebih lambat dari biasanya.

Selain akselerasi yang semakin lambat, kecepatan puncak yang bisa dicapai motor juga akan menurun dari biasanya.

2. Turun Mesin

Hal terburuk yang bisa terjadi akibat jarang lakukan servis adalah turun mesin. Kondisi ini tentunya menjadi momok yang sangat menakutkan bagi para pemilik motor. Pasalnya, biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki masalah ini sangatlah mahal.

Salah satu gejala turun mesin yang bisa Anda kenali adalah menurunnya tenaga motor serta keluarnya asap putih dari knalpot.

3. Konsumsi BBM Boros

Mesin yang jarang di servis pastinya membutuhkan tenaga yang lebih untuk mencapai kecepatan yang diinginkan. Sebab, komponen-komponen yang ada pada mesin dalam kondisi yang tidak prima.

Apabila mesin membutuhkan banyak tenaga, tentunya konsumsi bahan bakar akan meningkat.

4. Mesin Sering Mati Mendadak

Jarang servis motor juga bisa menimbulkan masalah mesin mati karena masalah pada bagian karburator. Masalah ini bisa membahayakan jiwa Anda ketika sedang berkendara di kecepatan tinggi.

5. Mesin Overheat

Mengganti oli secara rutin adalah salah satu bagian dari servis rutin yang harus dilakukan. Secara garis besar, oli bekerja dengan menyerap panas dan menyalurkannya ke seluruh komponen mesin agar suhu mesin selalu stabil. Jika Anda tidak mengganti oli secara rutin, maka kemungkinan besar mesin akan cepat panas hingga berujung pada overheat.

Iskandar terus mengimbau masyarakat agar melakukan pemeriksaan dan perawatan rutin sepeda motor secara berkala pada teknisi handal dan berpengalaman di bengkel AHASS.

"Percayakan perawatan sepeda motor Honda anda hanya di AHASS resmi karena terjamin kualitas pekerjaan dan ditangani oleh para mekanik handal yang telah tersertifikasi. Jadi tunggu apalagi, serahkan semua keluhan motor anda di AHASS Astra Motor Padang Jati yang beralamat di Jalan Sutoyo 2 Tanah Patah (Sebelah hatta Hotel atau bagi kalian yang sibuk dan tidak ingin menunggu antrian lama bisa Booking Servis melalui Aplikasi Motorku X yang bisa didownload melalui play store dan app store," tandasnya. [Kucir.06]