Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Astra Motor Bengkulu Ajak Teknisi PT Telkom Akses #Cari_aman Dengan Honda Riding Trainer

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Astra Motor Bengkulu bersinergi dengan Dikyasa Polres Bengkulu kembali mengkampanyekan #Cari_aman saat berkendara. Kali ini, sosialisasi safety riding diperuntukkan bagi Teknisi PT Telkom Akses Witel Bengkulu, Kamis (28/7).

Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu, Noval Yunaidi mengatakan, edukasi ini merupakan kegiatan yang memberikan pandangan luas kepada pengguna sepeda motor terkait keselamatan berkendara.

"Di sini kami mengajak pengguna sepeda motor untuk tetap #Cari_Aman ketika berada di jalan saat naik motor dengan peduli terhadap keselamatan diri sendiri dan orang lain," ucapnya.

Selain mendapatkan pembekalan secara teori, mengasah skill berkendara melalui sesi praktek menggunakan Honda Riding Trainer menjadi daya tarik tersendiri bagi para peserta edukasi.

"Honda Riding Trainer bukan hanya sekedar simulator dalam berkendara saja, namun juga alat yang merepresentasikan keadaan sesungguhnya di jalan raya. Pengguna dapat memilih jenis kendaraan yang akan digunakan seperti Matic, Cub atau motor Sport serta juga dapat memilih waktu berkendara seperti siang dan malam hari," jelas Noval.

Selain itu, para pengguna juga menemui berbagai kejadian yang terjadi di jalan raya seperti pejalan kaki yang tiba-tiba menyeberang, kendaraan yang tiba-tiba menepi dan berhenti, serta kendaraan yang tiba-tiba memutar arah dan masih banyak yang lainnya. Pada akhir sesi Honda Riding Trainer ini akan keluar hasil evaluasi berupa nilai dari pengendara dalam menjalankan kendaraan serta mematuhi rambu-rambu lalu lintas.

Kanit Dikyasa Polres Bengkulu, Ipda Wulan Rachmawati juga memberikan tanggapan terkait gelaran safety riding ini.

“Para teknisi yang hampir seluruh waktu kerjanya menggunakan sepeda motor dituntut untuk selalu fokus dalam berkendara dan mematuhi aturan lalu lintas,” ujarnya.

Salah satu peserta, Ari Sandri mengungkapkan kesulitan saat berkendara menggunakan sepeda motor adalah saat pengereman yang terkadang mengalami slip apabila tidak sempurna saat mengerem, namun oleh Instruktur safety riding meluruskan teknik pengereman yang baik adalah mengkombinasikan antara pengereman depan dan belakang dengan komposisi 70% rem depan dan 30% rem belakang. 

Selain pengereman, teknik menikung pun dibagikan untuk mengantisipasi potensi bahaya yang ada di jalan raya. 

Sementara, Ardi Perdana Putra selaku Manager Konstruksi Telkom Witel Bengkulu, berterima kasih atas edukasi dan sharing yang sangat bagus untuk bekal karyawan. 

“Ternyata terkait safety riding sangat banyak yang harus diketahui, termasuk teknik berkendara pun harus diketahui, semoga ilmu dan sharing ini bermanfaat dan dapat diterapkan untuk keseharian,“ ungkapnya.[Kucir.06]