Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mengetahui Apa Itu Asuransi Perjalanan dan Asuransi Rawat Jalan


Asuransi rawat jalan cashless adalah perjanjian di antara dua orang maupun lebih yang mana pihak tertanggung akan membayarkan iuran/kontribusi/premi untuk bisa mendapatkan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, maupun kehilangan, yang bisa terjadi karena peristiwa yang tidak terduga. 

Asuransi tidak bisa menghilangkan risiko terjadinya peristiwa yang tidak terduga, tetapi asuransi bisa untuk mengurangi dampak kerugian yang muncul dari berbagai peristiwa tersebut, baik dalam skala kecil maupun besar. 

Saat ini asuransi juga sudah menjadi bagian perencanaan keuangan untuk sebagian orang dalam jangka waktu yang panjang.

Anda bisa memakai asuransi rawat jalan secara cashless sebagai perlindungan dengan asuransi perjalanan.

Pengertian Asuransi Perjalanan dan Asuransi Rawat Jalan 

1. Asuransi Perjalanan 
Asuransi perjalanan merupakan jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi bila nanti terjadi risiko perjalanan selama nasabah melakukan bepergian. 

Proteksi travel insurance ini juga akan sangat cocok bagi tertanggung yang berencana melakukan perjalanan ke negara-negara Eropa. Asuransi perjalanan ini menjadi salah satu dokumen yang wajib di saat akan mengajukan visa.

2. Asuransi Rawat Jalan 
Pengertian dari rawat jalan adalah pelayanan medis terhadap pasien dengan tujuan pengamatan (observasi), diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan pelayanan kesehatan yang lainnya. Rawat jalan pada fasilitas kesehatan tidak mengharuskan para pasien dirawat inap. 

Selain itu, pasien bila melakukan rawat jalan ini tidak harus mengeluarkan biaya untuk menginap (opname).

Asuransi rawat jalan terbaik adalah asuransi yang akan menanggung biaya perawatan kesehatan tanpa adanya syarat rawat inap ketika di rumah sakit. Pada dasarnya, asuransi rawat jalan merupakan bagian dari manfaat asuransi kesehatan. 

Manfaat tambahan dari asuransi rawat jalan terbaik ini juga meliputi biaya pemulihan pra dan pasca rawat inap, perawatan gigi, kacamata, dan kunjungan ke dokter umum maupun spesialis.

Manfaat dari Asuransi Perjalanan dan Rawat Jalan 

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan bila menggunakan perlindungan menggunakan asuransi perjalanan dan juga asuransi rawat jalan, yaitu:

1. Manfaat Asuransi Perjalanan 

Manfaat yang bisa didapatkan dari asuransi perjalanan atau travel insurance yang paling utama adalah bisa untuk mengurangi risiko finansial disaat Anda berkunjung ke kota maupun negara lainnya. 

Selain itu, akan ada beberapa manfaat dari asuransi perjalanan yang bisa didapatkan antara lain adalah, kompensasi bila kehilangan bagasi, kompensasi jika kehilangan paspor, kompensasi penundaan penerbangan, biaya perjalanan darurat, biaya medis, biaya evakuasi medis, santunan kematian dan disabilitas, kompensasi kerusuhan, biaya hukum dan pertanggungan tambahan.

2. Manfaat Asuransi Rawat Jalan 

Pelayanan untuk asuransi rawat jalan pribadi adalah layanan medis kepada pasien yang bertujuan untuk pengamatan, diagnosis, pengobatan, rehabilitasi, dan juga layanan kesehatan lainnya. 

Pelayanan rawat jalan ini tidak akan mengharuskan pasien untuk menjalani rawat inap untuk mengatasi berbagai keluhan kesehatan yang sedang dialaminya.

Intinya, manfaat asuransi rawat jalan hanya untuk melakukan pemeriksaan atau mengatasi masalah kesehatan ringan, termasuk membeli obat. 

Oleh sebab itu, berikut ini adalah manfaat rawat jalan :

- Pemeriksaan oleh dokter umum atau spesialis, berlaku untuk jenis perawatan kesehatan pra dan pascarawat inap.
- Biaya obat, harus disertai dengan resep yang diberikan oleh dokter.
- Perawatan gigi, baik itu dari pemeriksaan, pembersihan, tambal, sampai melakukan  pencabutan gigi.
- Perawatan mata dari pemeriksaan sampai pembuatan kacamata.
- Pada kehamilan, persalinan, dan juga nifas, akan dimulai dari pemeriksaan rutin dan perawatan setelahnya.
- Fisioterapi, akan berlaku dari awal pemulihan yang diakibatkan  oleh risiko kecelakaan.

Selain berbagai manfaat dari pertanggungan tersebut, khusus Anda yang mempunyai BPJS Kesehatan juga dapat melakukan double claim. 

Hal  ini berarti bisa lebih mengurangi kemungkinan tertanggung harus membayar biaya rawat jalan dan juga obat yang tidak ditanggung pada saat melakukan didiagnosis penyakit tertentu.

Di saat Anda akan memilih asuransi rawat jalan murah maupun asuransi perjalanan Anda benar-benar harus memilihnya secara teliti dan memang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Hal-hal yang nantinya bisa untuk Anda pertimbangkan adalah harga, pertanggungan yang akan diberikan, dapat melakukan klaim dengan mudah dan pahami polis yang dimiliki dengan sesama.