Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Literasi Digital Mengenai Budaya Digital Dan Konsumsi Media Masyarakat

Ilustrasi

PedomanBengkulu.com - Budaya digital merupakan hasil dari pola pikir, kreasi dan cipta karya manusia berbasis teknologi internet yang ditentukan oleh penguasaan terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi. Seperti yang kita ketahui budaya digital dibutuhkan sebagai penguatan karakter berbangsa manusia modern, karena dengan kemudahan akses informasi yang dapat menjadi penuntun melihat berbagai kehidupan dan budaya pada masa lalu serta sebagai upaya untuk mempersiapkan masa depan. Perkembangan teknologi digital yang dimulai pada sekitar era 90an telah mempengaruhi proses produksi dan konsumsi media secara jelas. Sebagian orang melihat perkembangan ini secara positif karena berpotensi untuk membuka jalan baru bagi demokrasi dan kreatifitas masyarakat. 

Menurut pendapat saya, teknologi digital telah mengubah cara masyarakat berinteraksi dengan media dan pola pikirnya. Fleksibilitas yang dimiliki teknologi digital, tidak hanya dapat mengirimkan dan bertukar teks media satu sama lain, akan tetapi juga dapat dengan mudah mengubah teks tersebut dengan variasi yang tidak terbatas. Dengan meningkatnya fleksibiltas teks media dari satu medium ke medium lainnya merupakan salah satu karakter budaya digital yang utama, sehingga hal ini dapat menyebabkan budaya digital sering juga disebut sebagai budaya teks media yang berkesinambungan. Selain itu, ada tiga aspek penting untuk membangun budaya digital yang baik yaitu partisipasi bagaimana masyarakat memberikan kontribusi untuk tujuan Bersama, bagaimana masyarakat memperbaiki budaya lama menjadi budaya baru yang lebih bermanfaat, dan memanfaatkan hal-hal yang sudah ada sebelumnya untuk membentuk hal baru. 

Jadi budaya digital dapat disimpulkan segala keterbatasan media digital dapat kita yakini bahwa budaya digital akan terus menginspirasi dan memberikan harapan bagi masyarakat umum untuk menciptakan budaya media yang lebih baik. Selain itu, perkembangan teknologi di masa mendatang juga sebaiknya mampu meningkatkan kesempatan bagi masyarakat untuk berpartisipasi dalam proses pengumpulan, pembuatan dan pendistribusian informasi media. Secara optimis, dapat dikatakan bahwa industri media akan terus menghadapi tantangan dan perubahan yang disebabkan oleh perkembangan teknologi media. 

Penulis: Chika Ayu Dia Putri (D1C019084), Prodi S1 Jurnalistik Universitas Bengkulu

Email: Chika02cikut@gmail.com