Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Disperkan Lebong Jadikan Sawah Sebagai Kantor Kedua


PedomanBengkulu.com, Lebong - Dinas Pertanian dan Perikanan (Disperkan) Kabupaten Lebong demi menyukseskan gerakan musim tanam kedua (MT2) tahun 2022, secara maraton melaksanakan pemantauan ke wilayah persawahan warga. Bahkan demi menyukseskan program MT-2, lahan persawahan saat ini menjadi Kantor kedua bagi jajaran Disperkan Lebong. Kamis (19/05/2022), terpantau Plt Kepala Dirperkan Lebong Hedi Parindo mendapat dukungan langsung dari Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (TPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunawan beserta jajaran. Adapun lokasi pemantauan diantaranya kawasan Tabeak Dipoa Kecamatan Lebong Sakti, Desa Talang Leak II Kecamatan Bingin Kuning dan Desa Turan Tiging Kecamatan Lebong Selatan.

Dikatakan Plt Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo, kegiatan yang dilaksanakan pihaknya semata untuk memberikan dukungan kepada petani dan menciptakan komunikasi dua arah antara pemerintah desa dan petani dengan dinas yang dipimpinnya. Tentunya kunjungan serta pemantauan oleh jajarannya akan secara bergulir ke semua wilayah persawahan yang siap melaksanakan program MT2.

"Memang bisa dikatakan sekarang persawahan adalah Kantor kedua bagi saya, sejak program prioritas Bupati dan Wabup Lebong terkait MT-2 sejak awal tahun ini," ungkap Hedi kepada PedomanBengkulu.com Kamis (19/05/2022) siang.

Dikatakan Hedi, pihaknya sesuai instruksi Bupati Kopli Ansori dan Wabup Fahrurrozi akan selalu siap mendampingi petani. Namun itu juga, dirinya berharap jika ada kendala yang dihadapi para petani terkait tumbuh kembang tanaman padi mereka untuk segera menyampaikan informasinya kepada jajarannya.

"Seperti informasi yang kita terima dari Desa Turan Tiging, ternyata mereka masih MT-1 tetapi terserang hama wereng. Kepada jajaran penyuluh di kecamatan kita sudah tegur dan pengendalian hama dilokasi itu juga sudah kita laksanakan," bebernya.

Sementara itu, saat ditanyakan terkait kedatangan Kepala Dinas TPHP Provinsi Bengkulu dan ikut serta pemantauan program MT 2. Hedi mengaku seperti mendapatkan semangat lebih karena mendapatkan dukungan yang besar dari dinas provinsi tersebut. Tentunya dukungan semua pihak diharapkan dapat memacu semangat para petani untuk ikut MT-2, demi peningkatan ekonomi masyarakat dari sektor pertanian sawah.

"Alhamdulillah hari ini kita mendapatkan kunjungan dan pendampingan dari Ricky Gunawan serta jajaran dinas provinsi. Memang selama ini pihak Dinas provinsi sudah begitu besar mendukung kita dengan memberikan bantuan benih, obat-obatan pengendalian hama dan alat pengendali tikus. Harapannya dukungan seperti ini juga memberikan semangat para petani untuk ikut MT-2," harapnya.[spy]