Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

TA 2022, SDA Laksanakan 14 Paket Irigasi


PedomanBengkulu.com, Lebong - Sejumlah paket irigasi masih mendominasi kegiatan yang dilaksanakan Bidang Sumber Daya Air (SDA) Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Perhubungan (DPUPR-Hub) Kabupaten Lebong. Bahkan dari total 21 paket kegiatan Bidang SDA DPUPR-Hub Lebong tahun anggaran 2022, ada 14 paket Irigasi disejumlah wilayah persawahan siap digeber tahun ini. Kemudian 7 paket Sungai, yakni penanganan bahaya banjir meliputi pekerjaan Beronjong dan Turap.

Plt Kepala DPUPR-Hub Lebong Joni Pranwinata melalui Kabid SDA Arman Yunizar menyebutkan, sesuai dengan program prioritas Bupati Lebong Kopli Ansori dan Wabup Lebong Fahrurrozi meningkatkan sektor pertanian. Tentunya Bidang SDA punya andil besar dalam pelaksanaan dan pembangunan irigasi, untuk meningkatkan produksi padi sawah. Berkaca hal tersebut, kegiatan TA 2022 Bidang SDA DPUPR-Hub memang utamakan perbaikan dan peningkatan jaringan irigasi.

"Sejumlah irigasi yang harus diperbaiki dan dibangun secara permanen tahun ini, merupakan hasil pendataan bersama Disperkan Lebong, Camat dan Kades-Lurah yang dipimpin Pak Bupati Kopli Ansori tahun lalu.

Disitu juga sudah dibagi mana kewenanangan DPUPR-Hub dan mana kewenanangan Disperkan," beber Arman kepada PedomanBengkulu.com Kamis (21/04/2022) siang.

Ditambahkan Arman, sementara untuk paket Sungai, itu juga melihat kerawanan dampak banjir bantaran sungai. Baik itu diwilayah pemukiman padat penduduk, maupun aliran sungai wilayah persawahan petani yang rawan banjir.

"Untuk paket Sungai ada 7 kegiatan tahun ini, pembangunan Beronjong dan pembangunan Turap," ucapnya.

Dari total 21 paket kegiatan SDA DPUPR-Hub Lebong, lanjut Arman, ada 5 kegiatan yang sudah dilimpahkan ke LPSE Kabupaten Lebong. Sementara sisanya kegiatan lainnya, saat ini masih dalam proses melengkapi administrasi.

"Siap lelang ada 5 Paket, tentunya secepatnya kita akan lengkapi sisa paket agar bisa segera dilelang," pungkasnya. [spy]