Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

7 Ilmu Dasar Fotografi Bagi Newbie, Wajib Dipelajari Bila Ingin Hasil Foto Ciamik

 



Anda ingin mencoba karir sebagai seorang fotografer? Pastikan mempelajari beberapa skill sebelum terjun ke dunia ini. Pasalnya, ketika Anda akan berkarir sebagai seorang fotografer, Anda harus memotret objek untuk keperluan klien. Itulah kenapa diperlukan skill yang lumayan mumpuni supaya Anda bisa mengeksekusi foto yang bagus nan indah.

Sebagai seorang newbie, Anda wajib paham tujuh ilmu dasar fotografi. Tidak cuma itu, bekali diri juga dengan alat tempur yang canggih, seperti misalkan pakai kamera canon 1000d untuk hasil gambar yang lebih tajam. Ini dia tujuh skill dasar fotografi yang perlu Anda pahami.

1. Coba Eksplorasi dengan Kamera yang Berbeda

Ketika Anda membeli suatu kamera, biasanya di dalam box sudah disediakan lensa kit bawaan. Nah, lensa ini biasanya digunakan untuk membantu hasil potret lebih tajam nan jernih. Bahkan, beberapa fotografer profesional menghimbau newbie untuk investasi pada lensa, bukan bodi kamera. Semakin terawat suatu lensa kamera, semakin umurnya pun melebihi bodi kamera itu sendiri.

Membeli lensa tambahan yang berbeda adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang ingin mencoba style fotografi yang berbeda. Contohnya saja adalah menggunakan lensa makro untuk memotret objek mini. Bisa juga mencoba beli lensa telephoto untuk memotret objek dengan jarak jauh.

Namun, bila Anda merasa bingung mencari mana lensa yang cocok, bisa coba gunakan lensa kit terlebih dahulu. Pelajari cara memaksimalkan lensa bawaan hingga mahir, baru membeli lensa tambahan.

 2. Jepret Objek dengan Format RAW

Sebagai fotografer pemula, Anda harus terbiasa mencoba hal-hal baru untuk membuat skill upgrade. Misalkan saja dengan mencoba memotret objek menggunakan format RAW.

Kenapa harus dengan format RAW? Kenapa tidak format JPG yang lebih familiar? Well, sebenarnya ini ada kaitannya dengan proses poles gambar itu sendiri. Ketika Anda memotret dengan format RAW, Anda jadi lebih leluasa mengatur tingkat kontras serta ketajaman gambar. Akhirnya, hasil gambar pun jadi lebih berkualitas.

3. Jangan Melewatkan Momen

Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil gambar yang bagus, maka perlu memanfaatkan momen dengan maksimal. Foto yang bagus nyatanya memang tidak hanya dipengaruhi oleh kualitas foto, tetapi juga objek di dalam foto tersebut.

Anda bisa coba memotret momen-momen penting seperti acara konser, pernikahan, atau kompetisi olahraga. Semakin bagus momen yang Anda ambil, semakin keren pula hasil foto yang Anda miliki.

Sedikit tips, carilah momen-momen yang langka dan tidak terpikirkan oleh banyak orang. Misalkan saja momen acara kepresidenan. Nah, Anda juga bisa memilih momen alami seperti halnya orang-orang yang sedang berlarian di jalanan atau suasana natural orang yang sedang liburan di pantai.

4. Memotret dengan Objek yang Lebih Dekat

Sebagai seorang fotografer, merupakan tantangan tersendiri untuk memotret objek dalam jarak yang dekat. Contohnya adalah foto produk yang mengharuskan Anda memotret dalam jarak yang lumayan dekat dengan hasil yang ciamik.

Dalam memotret objek yang dekat, usahakan untuk membuat objek utama terlihat jelas, tanpa membuat ruang di sekitarnya terlihat kosong. Nah, Anda bisa coba latihan menata produk agar terlihat menarik di kamera.

5. Belajar Komposisi Foto

Selain momen dan juga ketajaman gambar, komposisi foto memegang peranan yang tak kalah penting. Sebagai pemula, Anda wajib mempelajari komposisi foto ini untuk menghasilkan gambar yang menarik. Komposisi foto menentukan dari arah mana Anda mengambil foto. Selain itu, komposisi foto juga memberikan ‘makna’ pada gambar.

6. Mencoba Menu Shutter Speed

Bagi Anda yang bergelut di dunia fotografi, bisa coba memanfaatkan fitur Shutter Speed untuk memotret objek secara cepat. Fitur ini berguna untuk memperlambat waktu atau menangkap objek dalam kurun waktu sepersekian detik.

Shutter Speed sendiri bisa membantu menangkap objek yang bergerak tanpa membuat hasil foto terlihat buram. Semakin canggih kamera yang digunakan, semakin bagus pula hasil foto yang diperoleh. Fitur ini sangatlah berguna untuk dipakai memotret suasana ramai, misalkan acara konser musik atau hewan yang sedang berlarian.

7. Pahami Letak Cahaya

Sebagus apapun skill fotografi yang dimiliki, semua hasil akan tetap dipengaruhi oleh letak cahaya. Itulah kenapa fotografer newbie seperti Anda perlu memahami karakter cahaya serta intensitasnya. Tujuannya supaya hasil foto yang dihasilkan terlihat tajam, jernih nan terang.

Pencahayaan bisa diperoleh dari objek matahari untuk memberikan warna yang alami. Selain itu, Anda bisa menggunakan lightning tambahan untuk membantu mencerahkan objek foto. Nah, Anda bisa mempelajari tata letak pencahayaan lewat Youtube.

Ini dia tujuh ilmu dasar fotografi yang harus Anda pahami sebagai seorang pemula. Memang perlu proses untuk mempelajari ilmu fotografi sehingga Anda perlu bersabar untuk menguasai seluruh ilmu tersebut.

Selain skill yang mumpuni dan juga ilmu dasar, bekali diri juga dengan alat kamera yang bagus. Misalkan saja dengan menggunakan canon 1000d yang memiliki fitur dan juga kualitas bidikan sangat tajam. Beli canon 1000d yang original dan terjangkau sekarang tidak harus pergi ke toko Kamera. Tersedia canon 1000d di Blibli, beli secara online, pasti sampai di rumah.