Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemkab Lebong Gelar Panen Raya MT-I dan Launching MT-II di Tabeak Dipoa

PedomanBengkulu.com, Lebong -  Pemerintah Kabupaten Lebong melaksanakan kegiatan panen raya padi sawah musim tanam 1 (MT-1), bertempat di Lahan kelompok Tani Tenggilang Desa Tabeak Dipoa Kecamatan Lebong Sakti (23/02/2022). Panen raya padi varietas Ciherang yang ditanam seluas 34 hektar, dengan jumlah anggota sebanyak 31 orang. Dalam kesempatan itu juga, masih dilahan Poktan Tenggilang dilaksanakan launching musim tanam kedua (MT-II) dengan ditandai penanaman benih padi dengan varietas yang sama.

Bupati Lebong Kopli Ansori memberikan apresiasi kepada Kades Tabeak Dipoa dan masyarakat yang tergabung dalam Poktan Tenggilang, yang dengan kesadaran tinggi mendukung program Pemkab Lebong dan ikut serta menyukseskan program MT-II tahun 2022. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Kopli menegaskan bahwa program tanam dan Panen minimal dua kali setahun akan didukung penuh Pemkab Lebong melalui jajaran Disperkan Kabupaten Lebong.

"Alhamdulillah hari ini bukti dengan dukungan Kades, masyarakat Kabupaten Lebong antusias ingin melaksanakan MT II, dimasa panen raya mereka sudah menyiapkan penyemaian untuk menerapkan MT-II. Program seperti inilah yang akan akan kita terapkan di kabupaten Lebong. Untuk mewujudkan masyarakat yang bahagia dan sejahtera, mari kita sukseskan program MT-II secara serentak," ungkap Bupati Kopli Ansori Rabu (23/02/2022) siang.


Untuk dukungan Pemkab Lebong dalam persiapan menyukseskan program MT-II, lanjut Bupati, sejumlah program sudah disusun, mulai dari kesiapan Alsintan, benih unggul dan pupuk subsidi serta program pengendalian hama tikus.

"Kesiapan-kesiapan Pemkab Lebong untuk menyukseskan MT-II, jelas sudah disiapkan seperti benih, pupuk subsidi dan Alsintan Sekarang tinggal masyarakatnya lagi," bebernya.

Sementara itu, Plt Kepala Disperkan Lebong Hedi Parindo menyebutkan, bahwa lokasi Panen Raya MT I dan Launching MT II, dilaksanakan di hamparan Poktan Tenggilang yang diketuai Edwardo tersebut. Total lahan hamparan seluas 34 hektar dengan jenis padi varietas Ciherang. Berdasarkan hasil ubinan, hasil panen Poktan Tenggilang mencapai 7,8 ton per hektar. 

"Terima kasih Poktan Tenggilang mau menjadi pioner sekaligus percontohan bagi Poktan yang lain. Tentunya untuk menyukseskan program MT-II, kami dari Disperkan akan terus menjadi sahabat petani, yang siap terjun langsung ke sawah. Tinggal lagi komunikasi Poktan dan Kades kepada jajaran kami dilapangan atau koordinasi langsung ke kantor Disperkan dalam pelaksanaan MT II," pungkasnya.

Sebelumnya Kades Tabeak Dipoa Hendra Gumaman mengatakan bahwa Poktan Tenggilang yang ada di desanya tersebut, sudah hampir tiga tahun terakhir selalu ikut program MT-II. Tentunya dengan adanya program Pemkab Lebong untuk menyukseskan program MT-II, disambut baik pihaknya dan siap mendorong tercapainya swasembada beras dan peningkatan produksi padi dan beras di Kabupaten Lebong.

"Kami dan masyarakat Tabeak Dipoa, siap mendukung program Pak Bupati Kopli Ansori untuk menyukseskan program MT-II," singkatnya.


Berdasarkan pantauan dilokasi, acara Panen Raya MT I dan launching MT II di Desa Tabeak Dipoa, juga dihadiri Ketua DPRD Lebong Carles Ronsen, Kapolres Lebong AKBP Awilzan, Danramil 409-01 LU Kapten inf Lilik Yuniarso, Kepala BPS Lebong Sahranudin, Pincab Bank Bengkulu Agustian Domargo. Kemudian Sekda Lebong Mustarani Abidin beserta staf ahli, Assisten dan kepala OPD dalam lingkup Pemkab Lebong.[spy]