Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berikut 8 Tips Supaya Tetap Sehat Meski di Rumah Saja

 

Sumber: Unsplash.com/ Charday Penn

Pandemi Covid-19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia sejak akhir 2019 lalu masih berlangsung sampai saat ini. Pembatasan mobilisasi dan kebijakan lainnya yang dikeluarkan pemerintah pun telah dilakukan. Imbasnya banyak dari Anda dan kita semua berada di rumah untuk waktu yang cukup lama demi terhindar dari penyakit menular Covid-19.

Melakukan berbagai aktivitas rutin secara daring mungkin sudah menjadi rutinitas harian yang Anda lakukan selama ini. Walaupun begitu, meski di rumah saja Anda tetap harus menjaga kebersihan dan melakukan perlindungan diri agar tidak terjangkit penyakit. Berikut ini tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat meski di rumah saja.

1.      Minum Air Putih yang Cukup

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia dewasa membutuhkan setidaknya 2 liter air putih dalam sehari. Takaran tersebut cukup untuk menghidrasi tubuh selama seharian penuh. Manfaat dari air putih yang cukup antara lain dapat melancarkan peredaran tubuh, melancarkan metabolisme, melembapkan kulit, dan berbagai manfaat kesehatan lainnya. Minum air putih yang cukup setiap hari juga dapat membantumu terhindar dari berbagai penyakit dan menjaga tubuh tetap sehat. Jangan lupa untuk minum vitamin dan suplemen kesehatan agar tubuh tetap bugar.

2.      Jaga Kebersihan Diri

Selain asupan gizi yang cukup agar dalam tubuh sehat, tetapi tubuh keseluruhan juga harus sehat. Mandilah 2 kali sehari dan cuci tangan dengan sabun serta air mengalir. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan pakaian, terutama handuk jangan diremehkan karena pakaian yang lembap atau kotor bisa menjadi sarang kuman.

Kenakan pakaian yang bersih dan nyaman supaya Anda betah selama di rumah. Semprotkan parfum ke baju agar lebih wangi dan pastinya bisa menaikkan mood untuk beraktivitas.

3.      Berjemur Setiap Pagi

Mengawali hari dengan duduk di teras sambil menikmati hangatnya sinar matahari ditambah udara sejuk, pasti akan membuat Anda takjub dibuatnya. Jika Anda tidak dapat keluar rumah bahkan untuk duduk di teras, maka berdiri di balik jendela rumah pun tak apa.

Buka jendela saat pagi hari selama 20-30 menit dapat bantu mengeluarkan hawa pengap dari dalam rumah, yang kemudian tergantikan dengan udara bersih dan sejuk di pagi hari. Aktivitas berjemur sambil duduk menikmati udara pagi dapat memberikan rasa optimis dan semangat untuk menjalani hari.

4.      Makan Asupan Bergizi

Sehatnya tubuh tentunya berasal dari dalam tubuh yang mana tergantung asupan makanan yang kita konsumsi. Memastikan selalu memakan makanan dengan gizi yang cukup dengan mengonsumsi karbohidrat, vitamin, serat, dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Anda juga bisa melakukan food combining, yaitu sistem penjadwalan asupan makanan dalam tubuh secara berkala. Cara ini bertujuan untuk memaksimalkan agar makanan yang masuk ke dalam tubuh dapat tercerna dengan secara optimal pada saat organ pencernaan bekerja dengan baik. Minum air hangat dan hindari makan makanan berat seperti nasi dan protein tinggi pada pagi hari merupakan poin penting dalam food combining karena bisa membebani saluran cerna.

5.      Rajin Berolahraga

Siapa bilang selama tempat gym ditutup karena pandemi Anda tidak bisa berolahraga? Semua tentu dapat Anda lakukan di rumah. Lakukan berbagai gerakan yoga atau senam mengikuti irama di tutorial YouTube pun bisa menjadi pilihan. Lebih seru dengan mengajak anggota keluarga untuk ikut senam bersama di dalam ruangan yang bisa dijadikan tempat untuk olahraga bersama. Cara ini tentu menjadi momen olahraga yang lebih menyenangkan karena dilakukan bersama keluarga.

6.      Istirahat yang Cukup

Berada di rumah sepanjang hari membuat pola tidur menjadi tidak teratur. Hal itu disebabkan menunda tugas pekerjaan sesukanya hingga harus melakukannya sampai lembur atau juga overthinking sampai tak bisa tidur. Kebiasaan buruk tersebut sebaiknya Anda perbaiki dan mulai atur jadwal kerja dan jam istirahat yang baik dan teratur.

Pasang alarm kapan Anda bekerja, kapan harus berhenti bekerja dan mulai istirahat. Dengan begitu Anda tidak akan kewalahan dan kelelahan sepanjang hari walaupun setiap hari sibuk beraktivitas. Tidur yang cukup yakni selama 7-8 jam di malam hari untuk mengistirahatkan tubuh secara maksimal.

7.      Hindari Stres

Hidup di dalam kondisi yang baru atau disebut juga new normal, tentu tak mudah bagi semua orang, bahkan beberapa dibuat stres karenanya. Selama bekerja di rumah Anda mungkin menemui berbagai maslah seperti koneksi internet yang lambat, laptop bermasalah, salah paham dengan rekan kerja, dan lain-lain. Hal-hal tersebut bisa jadi pemicu rasa stres di diri Anda.

Tak hanya membuat pikiran tidak karuan, stres juga  bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan. Dikutip dari laman Hellosehat, saat stres tubuh akan mengeluarkan hormon adrenalin dan hormon kortisol yang dapat menyebabkan peningkatan detak jantung dan napas menjadi lebih cepat. Tak sampai di situ, bila stres yang Anda rasakan cukup berat, seperti diare atau sembelit, sakit kepala, hipertensi, dan bahkan serangan jantung.

8.      Rajin Membersihkan Rumah

Bukan hanya kebersihan tubuh, kebersihan rumah juga harus diutamakan. Rumah menjadi tempat satu-satunya di mana kita dapat menghabiskan waktu untuk menjalani aktivitas selama masa pandemi ini. Bersihkan dan rapikan kamar, ruang kerja atau ruang belajar di rumah, dapur, dan kamar mandi secara teratur. Alangkah baiknya ruang tamu juga dibersihkan secara teratur. Meskipun tidak ada yang bertamu, tetapi  melihat semua sisi rumah yang bersih tentu akan semakin nyaman untuk ditinggali.

Hindari menyemprot bahan kimia berlebih seperti pembasmi nyamuk atau juga merokok di dalam rumah. Hal tersebut dapat mengontaminasi udara yang bersih yang kita hirup di rumah.

Nah, itulah dia tips agar tetap sehat selama di rumah saja. Ciptakan suasana rumah yang bersih dan nyaman supaya Anda dan keluarga tetap terlindungi. Jangan kendor, tetap patuhi protokol kesehatan dan jangan lupa untuk selalu saling dukung satu sama lain untuk ciptakan keharmonisan di dalam rumah.