Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tips Mengatur Keuangan bagi Pasangan Baru Menikah

 

Sumber: https://www.pexels.com/id-id/foto/orang-tangan-buku-catatan-pena-4386322/


PedomanBengkulu.com - Untuk pasangan yang baru menikah, mengatur keuangan tentu saja sangat penting dilakukan. Bahkan masalah keuangan tidak boleh dikesampingkan atau disepelekan karena bisa menjadi konflik kedepannya, saat menjalin bahtera rumah tangga. 

Pengelolaan atau manajemen keuangan ketika sudah punya pasangan, tentu akan berbeda dengan saat masih sendiri. Ada beberapa aturan yang harus dilakukan untuk membuat keuangan tetap terkelola dengan baik meski semakin banyak pengeluaran.

Mengatur Keuangan Bagi Pasangan Muda

Untuk pengelolaan keuangan bagi pasangan muda terutama yang baru menikah, berikut beberapa strategi yang bisa dilakukan.

1.     Punya Keterbukaan Satu Sama Lain

Yang pertama harus dilakukan adalah dengan memiliki keterbukaan satu sama lain pada pasangan. Tentu saja Anda sedang menjalani kehidupan bersama bukan lagi sendiri- sendiri seperti saat belum menikah. Keterbukaan tentu saja harus dilakukan salah satunya adalah masalah keuangan. 

Mulai dari penghasilan, planning apakah ingin punya anak atau tidak, pencapaian untuk punya rumah, bagaimana dengan investasi, punya tabungan dan masih banyak lagi. Bahkan keterbukaan sejak awal menika,h membuat kecurigaan-kecurigaan tidak penting akan hilang dengan sendirinya. Misalnya ingin mengelola keuangan, tentu harus dilakukan bersama jangan hanya istri atau suami saja. Sehingga untuk pemasukan dan pengeluaran masing-masing mengetahuinya secara detail.

2.     Miliki Anggaran Rumah Tangga

Selanjutnya pasangan yang baru menikah juga harus punya anggaran rumah tangga secara detail. Anda bersama dengan pasangan harus membuat catatan pengeluaran rutin secara harian maupun bulanan di sesuaikan saja dengan keinginan. 

Anggaran rumah tangga yang harus dibuat misalnya saja untuk cicilan kredit, biaya asuransi, biaya listrik sampai tagihan air dari internet, belanja bulanan dan masih banyak lagi. Ketika membuat anggaran seperti ini, anda dan pasangan juga lebih mudah untuk memisahkan antara kebutuhan yang penting dan kurang penting. Ketika mengetahui prioritas, anda dan pasangan tidak akan menjadi boros.

3.     Punya Rekening Bersama

Untuk mengelola keuangan dengan baik maka anda dan pasangan harus punya rekening bersama. Tujuannya tentu saja adalah untuk lebih mudah mengetahui pemasukan dan pengeluaran rumah tangga. Rekening bersama ini juga akan lebih membantu anda dalam mengatur anggaran rumah tangga secara detail.

Pada rekening bersama ini, anda dan pasangan bisa menentukan jumlah uang yang akan dimasukkan dalam tabungan. Uang tabungan bisa dipakai untuk dana darurat atau dikelola tersendiri supaya tidak tercampur dengan uang bulanan ataupun biaya lainnya. 

4.     Miliki Tabungan Masa Depan

Memikirkan bukan masa depan memang harus dilakukan sejak dini oleh pasangan yang baru menikah. Punya tabungan masa depan juga lebih mudah karena sebelumnya sudah membuat rekening bersama. Sisihkan tabungan sejak awal dan tidak perlu takut jika hanya masih bisa menyisihkan uang yang sedikit.

Tabungan masa depan bisa juga berbentuk investasi. Anda juga bisa mengalokasikan tabungan masa depan untuk membeli produk asuransi yang nantinya bisa diklaim kembali atau bisa juga dijadikan sebagai tabungan pendidikan anak dan jenis asuransi lainnya. 

5.     Miliki Dana Darurat

Sejak masih single, banyak orang menganggap penting adanya dana darurat. Apalagi jika anda sudah menikah, memiliki dana darurat adalah sebuah keharusan. Dana darurat ini tentu saja sangat membantu untuk biaya tak terduga di luar anggaran rumah tangga anda. 

Tidak hanya untuk kejadian kecelakaan atau sakit secara tiba-tiba, dana darurat juga bisa anda pakai untuk kejadian tak terduga yang paling besar seperti kematian misalnya. Hal ini karena kejadian buruk bisa menimpa Anda kapan saja dan dimana saja. Untuk dana darurat, Anda bisa coba sisihkan 1/3 penghasilan dari Anda dan juga pasangan setiap bulan. Atau bisa juga tentukan dana darurat sesuai dengan kondisi keuangan.

Itu tadi beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk mengelola keuangan saat baru menikah. Nah, bagi anda dan pasangan yang sedang membutuhkan dana cepat, maka bisa mendapatkannya lewat Tunaiku. Tunaiku adalah salah satu fintech yang yang telah mengantongi izin usaha Bank umum konvensional dari OJK PT Bank Amar Indonesia TBK. 

Yang pasti, melakukan pinjaman dari Tunaiku, aman, terpercaya dan juga prosesnya cepat. Untuk keterangan lebih lanjut Anda bisa Unduh Tunaiku di Playstore sekarang juga.