Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Senator Riri: Rawat Tradisi Bengkulu Lewat Warisan Budaya Takbenda


PedomanBengkulu.com, Bengkulu – Laman resmi Kemdikbud, Rabu (8/12/2021) kemarin, merilis empat karya budaya asal Bengkulu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 yang terdiri dari seni pertunjukan, ritus, adat istiadat masyarakat dan perayaan.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia, Hj Riri Damayanti John Latief, mengajak agar pihak-pihak terkait di Bengkulu menyambut baik penetapan tersebut dengan mengenalkan warisan budaya takbenda Bumi Rafflesia kepada khalayak di seluruh dunia.

"Pemerintahan, perusahaan swasta, singkatnya, semua yang bersentuhan dengan industri pariwisata, mari sama-sama populerkan empat warisan budaya takbenda milik Bengkulu," kata Hj Riri Damayanti John Latief kepada media, Kamis (9/12/2021).

Wakil Ketua Umum BPD HIPMI Provinsi Bengkulu ini menekankan, bila semua pihak yang bersentuhan dengan industri pariwisata dapat bergotong royong, warisan budaya takbenda bukan hanya dapat terkenal dan dilestarikan.

"Tapi juga bisa dikembangkan hingga ke warisan budaya takbenda lainnya. Saya yakin masih banyak yang terpendam. Semakin banyak semakin bagus untuk menggugah semangat Bengkulu agar terpacu bangkit sebagai daerah yang maju dan berjiwa besar," ungkap Hj Riri Damayanti John Latief.

Alumni Psikologi Universitas Indonesia ini mengungkapkan, jiwa masyarakat seringkali tergugah untuk bangkit ketika daerahnya memiliki warisan budaya asli yang dihasilkan nenek moyangnya.

"Saya mengajak millenial Bengkulu untuk menindaklanjuti penetapan empat karya budaya asal Bengkulu sebagai warisan budaya takbenda Indonesia ini dengan aksi-aksi nyata. Saya akan gembira dan bersemangat untuk diajak bekerjasama, baik dalam bentuk seminar, festival, lokakarya, atau bentuk-bentuk lainnya," sampai Hj Riri Damayanti John Latief.

Perempuan berparas cantik yang lahir di Bengkulu 4 Februari 1990 ini menambahkan, warisan budaya takbenda tak boleh dianggap perkara yang biasa hanya karena banyaknya warisan budaya takbenda yang lain yang juga dimiliki oleh daerah-daerah lain.

"Sebuah ritual minum teh di Jepang bisa begitu memukau bagi para wisatawan dan mendunia karena dari sebuah ritual itu menggambarkan banyak hal terkait pola pikir, tujuan hidup masyarakat dan lain-lain. Maka saya yakin semisal pertunjukan musik dhol milik Bengkulu pun bisa mendunia selama dikembangkan dan dilestarikan secara profesional," tutup Hj Riri Damayanti John Latief.

Untuk diketahui, empat karya budaya asal Bengkulu ditetapkan sebagai Warisan Budaya Takbenda Indonesia 2021 adalah Seni Pertunjukan Musik Dhol, Dendang Bengkulu, Marhaban Buai Anak dan Temat Kajing atau tradisi Khatam Quran Pengantin. [Muhammad Qolbi]