Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Wali Kota Minta Warga Siapkan Tempat Sampah di Depan Rumah

PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu –   Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta seluruh warga di Kota Bengkulu untuk turut serta memerdekan sam...



PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu – Walikota Bengkulu Helmi Hasan meminta seluruh warga di Kota Bengkulu untuk turut serta memerdekan sampah. Caranya, setiap warga harus menyiapkan tempat-tempat sampah permanen di depan rumahnya.

“Kalau di Jawa, orang bangun rumah sekaligus bangun tempat pembuangan sampah di depan rumahnya. Nah di kita ini nggak,” ucap Helmi, dalam dialog bersama selebgram di salah satu hotel, Selasa (12/10) malam.

Keberadaan kotak sampah di depan rumah, kata Helmi, akan memudahkan petugas untuk mengambil sampah-sampah rumahan.

“Kalau ada kotak sampah kan petugas kita bisa ambil langsung, jadi warga jangan buang sampah sembarangan,” ungkapnya.

Dia pun meminta Kepala DLH Kota Bengkulu Medy Perbriansyah untuk terus memonitor lokasi-lokasi yang kerap dijadikan oleh warga untuk membuang sampah.

“Warga yang buang sampah sembarangan ini bisa dihukum kurungan atau denda. Tapi saya minta untuk upayakan langkah persuasif terlebih dahulu,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Helmi juga menjawab kritikan warga terkait minimnya kontainer di Kota Bengkulu.

Ditegaskan Helmi, untuk penempatan kontainer ini, Pemkot juga mengalami kendala. Sebab banyak warga yang menolak bila di sekitaran rumahnya ditempatkan kontainer.

“Kontainer kita itu banyak, tapi warga juga tidak mau bila kita tempatkan kontainer di dekat rumahnya. Jadi memang untuk permasalahan sampah ini, kita harus pelan-pelan, meningkatkan kesadaran warga,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Pemkot Bengkulu sendiri telah keluarkan SE agar seluruh pejabat menyiapkan tempat sampah permanen di depan rumahnya. Diharapkan ini juga bisa ditiru oleh seluruh masyarakat.