Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pemkot Beri Sentuhan Warga Lewat HD Bersalin


PedomanBengkulu.com, Kota Bengkulu -
Memang tak ada tandingannya, Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu selalu menghadirkan bebagai kebahagiaan di tengah masyarakat dengan macam-macam inovasi menarik bahkan bisa dibilang ini satu-satunya di Indonesia.

Program ini ialah HD Bersalin, jadi disini Pemkot akan semaksimal mungkin melayani masyarakat kota dengan memberikan sentuhan berbeda yakni mengratiskan setiap persalinan warganya yang hendak melahirkan, terkhususnya warga tak mampu.

Awal mula munculnya pemikiran program HD Bersalin

Program inovasi di Kota Bengkulu, kerap muncul dari diskusi-diskusi ringan. Siang itu, (Wali-Wawali) dan Ketua Baznas Habib Alkaf ber-muzakarah (bertukar pikiran) di masjid Akbar At Taqwa soal banyaknya whatsapp (WA) yang minta bantu biaya melahirkan.

HP Walikota dan Wawali pun sampai error karena banyaknya warga Kota Bengkulu tahu no WA Walikota-Wakil Walikota. Isinya pun macam-macam, dari A sampai Z. Dari yang curhat, beri masukan dan usulan, hingga kritikan, semua di ladeni.

Mulai dari yang minta bantu biaya berobat, nunggak BPJS, ijazah ditahan, minta pekerjaan, minjam mobil penganten, pinjam ambulans, cari jodoh sampai minta bantu mau melahirkan.

“Ada juga yang melapor sudah pecah ketuban, sampai di rumah sakit BPJS mati. Ada yang bakal melahirkan 6 bulan lagi, minta lunaskan BPJS. Alhamdulillah, Allah selalu buka jalan penyelesaian,” ungkap Wawali Dedy.

Maka dari itu, untuk mengakomodir aspirasi yang mau melahirkan tapi tidak ada biaya dan dari warga tak mampu, maka diluncurkanlah program Harapan Doa Bersalin (HD BERSALIN).

“Warga Kota Bengkulu berhak mendapat pelayanan Bersalin Gratis. Setiap Bumil (ibu hamil) yang akan melahirkan dan tergolong kurang mampu, berhak atas program ini” terangnya.

Dengan penuh kebahagiaan, Dedy mengatakan bahwa semua persiapan sudah dilakukan.

“Kami telah menunjuk bidan-bidan terbaik untuk menyambut kelahiran buah hati. Tapi ini tidak berlaku bagi yang melahirkan di luar nikah, atau istri kedua yang tidak izin istri pertama,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua Baznas Kota Bengkulu, Habib Abdurahman Al Kaff mengatakan, Program ini dicetuskan oleh Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan dengan maksud membantu warga Kota Bengkulu yang akan melahirkan namun terkendala biaya.

“Dicetuskan oleh Walikota Helmi Hasan, Pemkot bekerjasama dengan Baznas membuat terobosan baru bernama HD Bersalin. HD Bersalin ini nantinya akan membantu warga kota yang mau melahirkan namun tidak mampu, BPJS menunggak nanti bisa dibantu oleh Pemkot dan Baznas lewat program ini,” kata Habib, Rabu (25/8/2021).

Melalui program ini, kata Habib, Biaya persalinan nantinya akan gratis dan ditanggung sepenuhnya oleh Baznas Kota Bengkulu.

“Nanti biaya persalinan akan gratis. Biaya persalinannya akan ditanggung dan ditagihkan kepada Baznas,” sambung Habib.[ADV]