Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Juan Rulfo, Pencetus Aliran Realis Magic



Juan Rulfo, lahir di Apulco Mexico pada tahun 1917.

Tahun kelahiran Rulfo sering kali tercatat pada tahun 1918, karena dia telah memberikan tanggal yang tidak akurat untuk masuk ke akademi militer kebetulanpamannya, David Pérez Rulfo adalah seorang kolonel yang bekerja untuk pemerintah.

Menamatkan Kuliah di Universitas Mexico City. Di Universitas itulah Rulfo pertama kali mulai menulis di bawah bimbingan seorang rekan kerja, Efrén Hernández.

Pada tahun 1944, Rulfo telah mendirikan sebuah jurnal sastra Pan. Pada masa ini, ia mampu maju dalam karir dan perjalanannya ke seluruh Meksiko sebagai agen imigrasi.

Pada tahun 1946, ia memulai sebagai mandor untuk Goodrich Euzkadi, namun temperamennya yang ringan membuatnya lebih memilih bekerja sebagai agen penjualan grosir. Ini mengharuskannya melakukan perjalanan ke seluruh Meksiko selatan, sampai dia dipecat pada tahun 1952 karena meminta sebuah radio untuk mobil perusahaannya.

Juan Rulfo adalah penulis Novel, awalnya dia beraliran Realis Sosialis. Namun di Novel keduanya, dia meletakkan pijakan dan aliran baru dalam penulisan novel. Yaitu Aliran Realis Magic.

Novel keduanya itu adalah adalah Pedro Páramo (1955), sebuah novel pendek tentang seorang pria bernama Juan Preciado yang melakukan perjalanan ke kampung halamannya yang baru saja meninggal dunia, Comala, untuk menemukan ayahnya, hanya untuk menemukan sebuah kota hantu harfiah ─ dihuni, yaitu oleh angka spektral.

Awalnya, novel ini bertemu dengan penerimaan kritis yang keren dan terjual hanya dua ribu eksemplar selama empat tahun pertama.

Namun kemudian, buku tersebut menjadi sangat terkenal. Páramo adalah pengaruh utama bagi penulis Amerika Latin seperti Gabriel García Márquez.

Pedro Páramo telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 30 bahasa, dan versi bahasa Inggris telah terjual lebih dari satu juta kopi di Amerika Serikat. [EA]

Foto elperiodico.com