Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Hot News:

latest

Tanda dan Gejala Stroke Ringan Serta Pencegahannya

JAKARTA, PB - Stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi secara mendadak di seluruh dunia, untuk itu penting bagi kita mengena...

JAKARTA, PB - Stroke merupakan salah satu penyebab kematian tertinggi secara mendadak di seluruh dunia, untuk itu penting bagi kita mengenal dan mengetahui gejala penyakit stroke.

Mengingat stroke merupakan penyakit yang tanda atau gejalanya bisa dideteksi sehingga hal yang lebih buruk akibat penyakit stroke bisa diminimalkan atau bahkan dihindari.

Salah satu indikasi atau signal dari penyakit stroke dalah munculnya gejala stroke secara singkat yakni kurang dari 24 jam atau yang dikenal dengan istilah peyakit stroke ringan.

Salah satu indikasi atau gejala penyakit stroke ringan adalah mati rasa pada wajah, lengan, kaki di satu sisi tubuh, disertai kebingungan dan masalah berbicara merupakan tanda-tanda seseorang mengalami stroke.

Selain itu orang yang mengalami penyakit stroke juga biasanya mengalami keluhan lainnya yakni : pusing dan sakit kepala parah, mengalami masalah berjalan, hilang penglihatan di satu atau kedua mata.

Sementara itu, menurut Kepala Divisi Stroke di NewYork-Presbyterian Hospital/Columbia University Medical Center mengatakan, ketika seseorang terkena stroke, mereka akan menunjukkan tanda-tanda perubahan fisik yang dapat dikenali, ringan ataupun ekstrem.

Berikut ini adalah beberapa gejala penyakit stroke yang patut diwaspadai yakni :
1. Tiba-tiba mati rasa atau lemah pada bagian wajah, lengan, atau kaki - terutama pada satu sisi tubuh.

Orang dengan stroke biasanya akan memiliki bentuk mulut "tidak rata" alias mencong.

Perlu diwaspadai juga apabila mereka (orang yang dicurigai stroke) mengalami kesulitan menggerakkan lengan atau mengendalikan jari.

Misalnya, ketika mengangkat kedua tangan, tangan yang sebelah lebih tinggi dibandingkan tangan yang lain.

2. Tiba-tiba kebingungan dan kesulitan berbicara.
Masalah bahasa adalah salah satu tanda-tanda yang paling umum dari stroke. Seseorang yang mengalami stroke tiba-tiba mungkin akan mengalami masalah ketika mereka bicara.

Bahkan, beberapa di antaranya juga mengalami penurunan pemahaman. Mintalah dia (orang yang dicurigai stroke) untuk mengulangi kembali kalimat sederhana kepada Anda, misalnya: "Saya pergi ke toko hari ini." Jika ia mengalami kesulitan mengulangi kata-kata itu bisa jadi dia mengalami stroke.

3. Pengelihatan mendadak terganggu.
Gangguan pengelihatan yang datang secara tiba-tiba merupakan gejala stroke yang umum. Mereka mungkin tidak akan mampu melihat dengan jelas dengan satu mata, atau mungkin mengalami kesulitan untuk melihat ke kanan atau kiri.

4. Tiba-tiba kesulitan berjalan, kehilangan keseimbangan atau koordinasi.mBerjalan seolah-olah mabuk, tersandung, atau bahkan jatuh adalah semua gejala stroke.

Tanda-tanda serupa lainnya seperti berjalan dengan kaki terbuka lebar atau tiba-tiba kehilangan kemampuan motorik halus, seperti ketidakmampuan untuk menulis juga patut diwaspadai.

5. Sakit kepala parah tiba-tiba tanpa diketahui penyebabnya.

Gangguan sakit kepala tidak selalu identik dengan gejala stroke. Tetapi, jika sakit kepala menyerang tiba-tiba atau tampak sangat intens, patut untuk diwaspadai.

Jika leher kaku, nyeri pada wajah, atau muntah yang disertai sakit kepala bukan tidak mungkin akan menyebabkan terjadinya perdarahan intrakranial, juga dikenal sebagai "stroke merah
Selain gejala yang bisa dideteksi sedini mungkin, penyakit stroke juga dapat dicegah, dan berikut ini adalah beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk mencegah penyakit stroke, yakni :
-Kurangi garam
-Konsumsi makanan sehat
-Stop merokok
-Hidup aktif dan olahraga
-Konsumsi obat stroke alami
Demikianlah informasi singkat tentang tanda dan gejala stroke ringan berikut pencegahannya ini semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda, salam sehat. [Milda Aura]