Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Hot News:

latest

Kebiasaan-kebiasaan Buruk yang Dapat Merusak Ginjal

BENGKULU, PB - Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi dan peranan penting sebagai penyaring berbagai macam zat atau racu...

BENGKULU, PB - Ginjal merupakan organ tubuh manusia yang memiliki fungsi dan peranan penting sebagai penyaring berbagai macam zat atau racun berbahaya yang ada dalam tubuh. Penyerapan tersebut tentu dibantu dengan beberapa jenis mineral penting sehingga kita sangat perlu sekali untuk menjaga kesehatan ginjal agar tubuh yang lainnya tidak terganggu.

Berikut ini adalah beberapa kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan ginjal manusia. Di simak baik-baik ya guysss..

Konsumsi soda

Soda memang jenis minuman yang enak, akan tetapi efek yang ditimbulkan tidak seenak rasanya. Faktanya, soda merupakan minuman yang dapat merusak ginjal melalui urin yang terganggu. Sebaiknya konsumsi air putih daripada harus minum soda. Karena air putih dapat membersihkan racun dalam ginjal secara alami.

Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok ini bukan hanya dapat merusak paru-paru manusia. Melainkan juga merusak ginjal, ini terjadi karena rokok merupakan barang yang mengandung ribuan zat kimia berbahaya perusak berbagai organ dalam tubuh manusia termasuk jantung.

Kurang olahraga

Jika anda rutin olahraga mungkin tubuh akan tetap sehat dan bugar. Namun, lain halnya apabila anda kurang olahraga. Kebiasaan ini dapat membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit, selain itu kurang olahraga juga dapat menganggu regenerasi tubuh yang bisa merusak kesehatan ginjal manusia.

Terlalu banyak konsumsi garam

Garam memang bermanfaat sebagai penyedap masakan. Namun, jika anda terlalu banyak mengkonsumsi natrium yang tinggi dapat merusak fungsi dan kesehatan organ ginjal. Ini terjadi karena garam dapat menaikkan tekanan darah sehingga bisa membenani ginjal. Perlu diketahui bahwa tekanan darah pada ginjal jauh lebih tinggi dibandingkan dengan tekanan darah pada tubuh secara keseluruhan.

Sering menahan pipis

Menahan keluarnya uring dapat meningkatkan tekanan pada ginjal. Jika hal ini sering dilakukan, tidak menutup kemungkinan dapat menyebabkan gagal ginjal, batu ginjal dan inkontinensia. Jadi sebaiknya apa yang diberitahukan tubuh segera dilakukan, jangan ditunda.

Sering begadang

Istirahat yang cukup merupakan hal terpenting bagi tubuh. Kebiasaan sering begadang dapat merusak kualitas tidur sehingga tak jarang dapat membuat seseorang mengalami kurang tidur yang kronis. Perlu diketahui bahwa kurang tidur kronis memiliki keterkaitan dengan berbagai masalah kesehatan salah satunya adalah ginjal.

Kebiasaan sering mengkonsumsi alkohol

Selain soda, alkohol juga memiliki peranan kuat pada kerusakan organ ginjal manusia. Jika anda ingin kesehatan ginjal tetap terjaga, cobalah untuk menghentikan kebiasaan buruk ini. Sebab, alkohol bisa membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring racun. Apabila hal ini terjadi secara teru-menerus organ ginjal tidak bisa berfungsi lagi sebagai mana mestinya. [AM]