Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Analisis BMKG: Bengkulu Kawasan Paling Aktif Gempa Bumi

JAKARTA, PB - Bengkulu diguncang gempa berkekuatan 5.4 SR, Sabtu (3/11). Sebelumnya gempa lebih besar 6,4 SR juga menggoyang Bengkulu pada Minggu (13/8). Gempa susulan terjadi beberapa kali hingga dengan kekuatan lebih kecil.

Kepala Bidang Informasi Gempa bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Daryono, mengatakan, Bengkulu memang kawasan paling aktif. Berdasarkan analisanya, selama periode bulan Januari hingga Agustus 2017 di wilayah Samudera Hindia sebelah barat Sumatera sudah terjadi gempa signifikan dengan kekuatan di atas 5,0 magnitudo sebanyak 24 kali.

"Menariknya, gempa signifikan ini paling banyak terjadi di zona subduksi sebelah barat Bengkulu, yaitu sebanyak 11 kali. Urutan kedua paling banyak adalah zona subduksi sebelah barat Aceh dengan jumlah gempa signifikan sebanyak 7 kali," kata Daryono dalam keterangan pers yang dikutip dari kumparan.com beberapa waktu lalu.

Daryono menjelaskan, zona subduksi sebelah barat Sumatera Utara menempati urutan ketiga dengan jumlah gempa signifikan sebanyak 3 kali. Untuk wilayah Samudra Hindia sebelah barat Lampung gempa signifikan hanya terjadi 2 kali. Sementara yang paling sedikit terjadi gempa adalah wilayah Samudra Hindia sebelah barat Sumatera Barat, di mana hanya terjadi gempa signifikan 1 kali.

"Meningkatnya aktivitas seismik di Samudra Hindia sebelah barat Bengkulu ini dinilai masih wajar," tuturnya. [AM]