Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Empat Pilar Kebangsaan, Merawat Cita-cita Proklamasi



BENGKULU, PB - Anggota Komite II DPD RI, Riri Damayanti John Latief kembali menggelar Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di kalangan Alumni SMP Negeri 1 Kota Bengkulu, belum lama ini.

Pada sosialisasi ini, Senator termuda Indonesia itu menilai, keberhasilan sebuah bangsa tergantung pada tercapainya cita-cita negara itu didirikan atau tidak.

"Tujuan kita hidup berbangsa sesuai proklamasi 1945 adalah menuju masyarakat adil dan makmur. Kalau masih ada yang merasakan ketidakadilan dan melarat, itu artinya kita belum berhasil menjadi sebuah bangsa," kata Riri.

Jebolan Universitas Indonesia ini menjelaskan, para pendiri bangsa Indonesia telah mewariskan Pancasila dan UUD 1945 bukan hanya untuk dipelajari, tapi juga untuk menjadi pengamalan sehari-hari.

"Tanpa amalan Empat Pilar Kebangsaan dalam segala aspek kehidupan, selamanya kita akan menemukan kegagalan dalam kehidupan berbangsa. Sementara negara-negara berkembang lainnya saat ini telah menjelma menjadi negara maju justru karena mereka mengamalkan Pancasila dan aturan-aturan yang ada di UUD 1945," ujar Riri.

Pada sosialisasi yang dihadiri ratusan peserta ini, sejumlah pertanyaan dari peserta mencuat. Misalnya disampaikan Emiyati. Ibu yang akrab disapa Emi ini mempertanyakan kecilnya peran DPD RI dalam kehidupan berbangsa.

"Saya akui bahwa memang peran itu masih kecil dan harus diperkuat melalui amandemen kelima UUD. Ini untuk memastikan daerah seperti Bengkulu yang kita cintai ini tidak terus dianaktirikan dan diabaikan dalam setiap agenda pembangunan pemerintah," demikian Riri. [SA]