Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

1800 Titik Jalan Telah Terbangun, Tahun Depan Seluruh Jalan Kota Ditarget Mulus

Salah satu jalan Kota Bengkulu yang telah dibangun/Foto Sofian Rafflesia

BENGKULU, PB - Keberhasilan kepemimpinan Helmi Hasan dan Patriana Sosialinda dalam empat tahun terakhir dapat dilihat dari perkembangan infrastruktur di Bengkulu. Pasalnya sejak dilantik menjadi Walikota dan Wakil Walikota, kedua sosok ini memang konsen terhadap pembangunan infstruktur jalan.

Dikatakan oleh Plt. Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bengkulu Syafriandi, hingga saat ini setidaknya 80 persen jalan sudah bagus. Artinya, program 1.000 jalan mulus yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemkot) sudah melebihi target.

"Memang ada beberapa pembangunan jalan yang belum selesai, tapi program 1.000 jalan mulus itu sudah melebih target. Karena saat ini kita sudah bangun 1.800 titik jalan," jelas Syafriandi, kepada Pedoman Bengkulu, Kamis (20/7/2017).

Keberhasilan pembangunan jalan ini bukan tanpa alasan. Sejak menjabat, Helmi memang menaikkan anggaran pembangunan infrastruktur secara signifikan. Misalnya saja, jika sebelum dipimpin Helmi, anggaran infrastruktur hanya Rp 30 Miliar (tahun 2012). Angka itu dinaikkan menjadi Rp 70 Miliar pada tahun 2013. Kenaikan anggaran pun terus terjadi hingga tahun 2017 ini.

"Naiknya anggaran ini sebagai bentuk kebulatan tekad pak wali yang pritahatin dengan kondisi jalan Kota Bengkulu," jelas Syafriandi.

Sebenarnya, lanjut Andi, semua jalan sudah ditarget mulus pada tahun ini. Hal ini bisa terlaksana bila anggaran dipagu sebesar Rp 500 Miliar. Sayang, rencana peminjaman kepada SMI ditolak legislatif sehingga pembangunan tidak bisa dilaksanakan 100 persen. Namun demikian, apabila anggaran tahun mendatang dipagu sebesar Rp 250 Miliar maka pembangunan jalan akan bisa dioptimalkan.

"Artinya, 2018 semua jalan sudah mulus semua," katanya.

Lebih lanjut, ia menerangkan, menurut SK Tahun 2013 total jalan Kota Bengkulu sepanjang 942 kilometer dengan luas 2.190 link jalan. Dan saat ini, tahun depan masih ada sekitar 400an titik jalan lagi yang belum dibangun.

Untuk tahun ini sendiri, target pelebaran jalan akan dilakukan di jalan Flamboyan, Raflesia, Semangka, Letkol Iskandar, dan Hibrida 10. Selain itu, DPU juga akan membangun jalan di 438 gang yang ada di Kota Bengkulu.

Andi menilai, ada beberapa kendala dalam pembangunan jalan-jalan yang masih rusak saat ini. Misalnya jumlah penduduk yang belum mencukupi dan masih adanya beberapa jalan yang belum diserahkan oleh pengembang (developer) kepada pemerintah.

"Tapi, kita harap semuanya dapat kita selesaikan. Sehingga slogan kita 'Senyum Kota Bengkulu, Semua Nyata untuk Masyarakat Kota Bengkulu' bisa terwujud dan dirasakan oleh masyarakat," pungkasnya. [CHO]

Gambaran Anggaran Infrastruktur Kota Bengkulu

TAHUN     JUMLAH

2012           Rp 30 Miliar

2013           Rp 70 Miliar

2014           Rp 80 Miliar

2015           Rp 156 Miliar

2016           Rp 230 Miliar

2017           Rp 278 Miliar