Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

7 Buah yang Baik Dikonsumsi Saat Bulan Puasa

[caption id="attachment_43206" align="alignleft" width="300"] Buah-buahan sehat (ilustrasi). (Foto: Pixabay/Couleur)[/caption]

BENGKULU, PB - Sudah berapa persen persiapan kamu untuk menyambut bulan ramadhan?

Selain menyiapkan stamina yang prima, makanan juga menjadi salah satu elemen penting yang paling diperhatikan ketika puasa. Biasanya, orang-orang akan lebih memilih makanan bergizi agar tidak merasa lemas saat menjalani puasa.

Tak hanya makanan, buah yang bergizi juga penting dikonsumsi ketika puasa, lho. Banyaknya vitamin yang terkandung membuat buah sangat dianjurkan untuk dikonsumsi ketika puasa. Tapi, perlu diingat, konsumsilah buah yang penuh gizi, ya.

Untuk itulah, berikut kami paparkan delapan buah yang baik untuk dikonsumsi ketika puasa:

 

[caption id="attachment_43207" align="alignleft" width="300"] Semangka (Foto: thinkstock)[/caption]

1. Semangka

Buah berwarna merah ini sangat bermanfaat untuk penyejuk tubuh, lho. Semangka mengandung vitamin A dan C yang menjadi sumber antioksidan yang baik.
Warna merah pada semangka menandakan tingginy likopen, salah satu komponen karotenoid. Likopen semangka lebih ampuh memerangi radikal bebas dan mencegah berbagai penyakit, seperti kanker.

 

 

 

[caption id="attachment_43208" align="alignleft" width="300"] Pepaya, buah yang dianjurkan saat puasa. (Foto: Thinkstock)[/caption]

2. Pepaya

Pepaya, buah yang dianjurkan saat puasa. (Foto: Thinkstock)
Selain murah, pepaya juga menjadi buah yang sangat menyehatkan. Umumnya, pepaya matang menandung betakaroten, beta-cryptoxanthin, serta lutein dan zeaksantin. Betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan radikal bebas.
Vitamin C menjadi salah satu vitamin yang paling menonjol dalam pepaya. Satu potong pepaya ukuran 140 gram juga menyumbang vitamin C sebesar 150% dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta 10% serat.

3. Blewah

Blewah memiliki kandungan kalium yang sangat baik bagi tubuh. Kalium bermanfaat mengendalikan tekanan darah tinggi dan mengurangi risiko serangan stroke, membersihkan karbondioksida di dalam darah, juga untuk memicu kerja otot dan simpul saraf.
Selain itu, blewah juga kaya akan gula dari mo-nosakrida, seperti sukrosa dan fruktosa, sehingga baik untuk berbuka puasa. Kandungan airnya yang sangat tinggi dapat mengatasi dehidrasi setelah tubuh 12-14 jam tidak mengonsumsi air.

[caption id="attachment_43210" align="alignleft" width="300"] Mangga, buah yang dianjurkan saat puasa. (Foto: Thinkstock)[/caption]

4. Mangga

Selain air, karbohidrat, dan serat, mangga juga mengandung protein, lemak, vitamin, mineral, dan macam-macam asam, tanin, zat warna, dan zat volatil.
Karbohidrat daging buah mangga terdiri atas gula sederhana (sukrosa, glukosa, fruktosa), pati, dan selulosa. Gula berperan dalam memberikan rasa manis dan penghasil energi yang dapat segera digunakan oleh tubuh.
5. Pir

[caption id="attachment_43211" align="alignleft" width="300"] Buah pir baik dikonsumsi untuk puasa (Foto: Thinkstock)[/caption]

Buah Pir

Buah pir baik dikonsumsi untuk puasa (Foto: Thinkstock)
Buah yang berbentuk seperti jambu monyet ini mengandung asam kloro-genat, salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat. Kandungan asam ini berperan sebagai antioksidan yang membendung pembentukan sell kanker, serta mampu mencegah pertumbuhan bakteri shigella sonnei, penyebab penyakit pada saluran pencernaan.
Pir juga baik untuk mencegah radikal bebas karena mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C memacu sel darah putih melawan infeksi, membunuh bakteri dan virus, serta meregenerasi vitamin E. tanpa kehadiran vitamin C, vitamin E akan teroksidasi oleh radikal bebas.

 

 

[caption id="attachment_43212" align="alignleft" width="300"] Apel, buah yang dianjurkan saat puasa. (Foto: Thinkstock)[/caption]

6. Apel

Apel, buah yang dianjurkan saat puasa. (Foto: Thinkstock)
Apel mengandung gizi yang sangat tinggi, terutama vitamin dan mineral. Sama seperti pir, apel juga dapat menangkal radikal bebas penyebab berbagai penyakit degeneratif. Konsumsilah satu apel setiap harinya untuk membuat kulit tetap halus dan tubuh menjadi langsing.

 

 

[caption id="attachment_43213" align="alignleft" width="300"] Anggur baik dikonsumsi untuk puasa (Foto: Pixabay)[/caption]

7. Anggur

Anggur baik dikonsumsi untuk puasa (Foto: Pixabay)
Sama seperti apel, anggur juga memiliki kandungan gizi yang sangat penting seperti vitamin C, B1, B6, serta mineral mangan dan kalium. Mangan diperlukandalam sintetis energi, sehingga membantu menjaga kestabilan gula di dalam darah.
Selain itu, bagi kamu yang mengalami insomnia, anggur juga bagus dikonsumsi karena mengandung melatonin, hormon yang membantu mengatur jam biologis tidur.

 

Jadi, jangan lupa mengonsumsi buah yang bergizi saat puasa nanti, ya. [AM]

 

Sumber: kumparan