Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Rajin Bergerak Bikin Suasana Hati Bahagia

MELAKUKAN gerak apa pun, meski bukan olahraga, cenderung membuat seseorang lebih berbahagia ketimbang orang itu menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk.

Hal itu diungkapkan melalui peneliti dari Universitas Cambridge yang dipublikasikan oleh PLoS One Januari 2017.

Dengan melibatkan lebih dari 10.000 peserta menggunakan aplikasi smartphone Android, tingkat kebahagiaan dilacak melalui berbagai tugas dan kegiatan fisik dalam kehidupan sehari-hari mereka.

The New York Times melaporkan, sebagaimana dilansir di laman Kompas.com, aplikasi itu tidak tersedia untuk umum, dirancang khusus untuk mempelajari kebahagiaan dan perilaku penggunanya.

Aplikasi ini meminta peserta untuk menilai suasana hati mereka dengan menjawab pertanyaan dan memilih skala suasana hati.

Setelah beberapa minggu, peserta melakukan survei tambahan untuk melacak aktivitas fisik, lokasi, dan interaksi sosial.

Aktivitas fisik juga diukur dengan sensor ponsel untuk melihat berapa langkah yang telah mereka lakukan.

Setelah 17 bulan, para peneliti menganalisis data yang dikumpulkan dan menemukan bahwa peserta cenderung merasa lebih bahagia setelah mereka telah melakukan aktivitas fisik dalam 15 menit terakhir.

Aktivitas fisik yang paling umum ialah berjalan santai, baik di jalan, taman, atau bahkan pusat perbelanjaan.

Jadi, jika Anda bukan termasuk orang yang gemar berolahraga, melakukan kegiatan fisik yang paling sederhana, seperti berjalan, berdiri, atau bahkan melakukan peregangan, dikaitkan dengan mood yang lebih baik.

Intinya, bergeraklah untuk suasana hati yang lebih bahagia. (**)