Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Suara "Hum" Misterius Terdengar dari Kutub Utara



Google MapNuvavut



Berbulan-bulan lamanya penduduk di Nunavut, Kanada, dihantui oleh suara misterius yang berasal dari dasar lautan. Suara aneh tersebut bahkan menakuti mamalia laut yang hidup di daerah tersebut.

Penduduk sekitar yang telah berbulan-bulan mendengarnya merasa putus asa dan meminta bantuan militer untuk menyelidiki suara misterius itu.

Suara yang terdengar mirip dengan suara "ping", "hum", atau "beep" ini dilaporkan berasal dari suatu tempat di dasar laut di Selat Hecla dan Fury, merupakan terusan sempit di Nunavut. Nuvavut adalah wilayah berpenduduk paling sedikit di Kanada. Penghuninya cuma sekitar 31.000 orang.

Penduduk lokal Nuvavut biasanya masih senang berburu anjing laut dan paus. Selat Hecla dan Fury yang dikelilingi es adalah area berburu favorit. Di tempat inilah mamalia biasanya berkumpul untuk mencari makan.

Namun, hal ini berubah sejak musim panas yang lalu saat suara misterius mulai terdengar. Penduduk setempat melaporkan, banyak hewan pergi ke daerah lain.

"Daerah itu merupakan rute migrasi untuk paus dan juga anjing laut. Harusnya akan terdapat begitu banyak spesies itu di sana. Namun, musim panas ini mereka menghilang," kata pejabat pemerintah setempat, George Qulaut, seperti dikutip dari Science Alert, Jumat (4/11/2016).

"Ini tentu saja menjadi hal yang mencurigakan," katanya.

Penduduk sempat menduga, suara misterius tersebut berasal dari survei sonar yang dilakukan oleh perusahaan tambang, Baffinland Iron Mines Corporation. Namun, juru bicara perusahaan itu membantah.

Sementara itu, yang lainnya menyalahkan Greenpeace, mencurigai organisasi itu menempatkan perangkat sonar dengan tujuan agar mamalia laut pergi dan selamat dari perburuan. Namun, Greenpeace juga membantahnya.

Peneliti sendiri belum bisa menjelaskan bagaimana fenomena ini bisa terjadi.

Direktur Dewan Pertahanan Proyek Mamalia Laut Nasional, Michael Jasny, mengatakan, sangat penting memahami dunia bawah laut karena ada begitu banyak suara.

Bisa jadi suara tersebut berasal dari spesies ikan tertentu yang "bernyanyi" untuk memanggil pasangan atau menemukan makanan.

Departemen Pertahanan Nasional Kanada sendiri telah melakukan penyelidikan untuk menemukan jawaban dari mana asal suara misterius di selat tersebut.

"Departemen Pertahanan Nasional telah diberitahui tentang suara aneh yang berasal dari Selat Fury dan Hecla. Kami sudah mengambil langkah untuk menyelidiki situasi ini," kata juru bicara dari Departemen Pertahanan Nasional Kanada tersebut. [Kompas.com]