Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sumber Urip Percontohan Desa Siaga Bencana

desa-siaga-bencana-1REJANG LEBONG, PB - Desa Sumber Urip Kecamatan Selupu Rejang belakangan dicanang sebagai desa yang ditunjuk pihak Provinsi Bengkulu sebagai desa siaga bencana di Kabupaten Rejang Lebong. Ini sejak terjalinnya kerjasama anatara desa tersebut dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan German Red Cros (GRC) tahun 2011 lalu.

"Desa Sumber Urip ini merupakan salah satu percontohan desa siaga bencana. Sebab, posisi desa ini terletak persis dibawah kaki gunung api Kaba yang merupakan gunung api aktif di Provinsi Bengkulu atau masuk dalam zona merah yang apabila gunung ini meletus akan berdampak langsung kepada warga karena posisinya yang sangat dekat," ujar Kepala Desa Sumber Urip, Yadi Susanto, Rabu (19/10/2016).

Dijelaskan Yadi, desa Sumber Urip memiliki enam dusun. Dusun satu merupakan wilayah yang jaraknya paling dekat dengan gunung Kaba yakni hanya berjarak 3 KM dari kaki Gunung. Apabila gunung tersebut meletus dusun tersebut merupakan wilayah pertama yang akan terkena dampaknya.

Dilanjutkan Yadi, ditetapkannya desa Sumber Urip sebagai desa siaga bencana karena memiliki gunung api aktif yang ketinggiannya mencapai 1938 meter diatas permukaan laut (MDPL). Kondisi ini memberikan manfaat yang cukup besar, dimana masyarakat yang sebagian besar profesinya sebagai petani, secara perlahan mulai memahami dan menguasai teknik penanggulangan bencana seperti tindakan dan penanganan pra dan pasca bencana terjadi, serta masyarakat telah memahami jalur evakuasi berikut titik kumpulnya.

"Ya kita berharap dan berdoa agar Gunung Kaba ini tidak meletus. Tetapi kami tetap mengingatkan kepada warga untuk selalu waspada akan datangnya bencana alam, karena bencana tidak hanya gunung meletus tetapi kan banyak, karena kita tidak bisa menebak dan memprediksi kapan bencana alam akan terjadi, maka dari itu kita harus tetap waspada," ujar Yadi.

Untuk diketahui, status gunung api Kaba saat ini masih aman. Dimana pada saat akhir pekan atau masa libur banyak pengunjung yang datang baik dari dalam kabupaten hingga luar provinsi Bengkulu. Diketahui Desa Sumber Urip memiliki jumlah penduduk sebanyak 2.156 jiwa atau 721 Kwpala keluarga (KK) dengan luas wilayah 650 Km persegi yang terdapat Gunung Api Kaba, dimana gunung tersebut belum pernah meletus sejak 1883 meski statusnya pada tahun sebelumnya sering meningkat menjadi awas. [Ifan]