Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Di HUT RI Ke-71, Keindahan Pulau Enggano Jadi Icon Wisata Bengkulu

13714492_1663204684001444_1431067362_nBENGKULU, PB - Setelah Bengkulu Dipastikan Jadi Tuan Rumah Peringatan HUT RI ke 71, maka lokasi perayaan 17 Agustus di Pulau Enggano akan dijadikan destinasi dan icon wisata Bengkulu. Enggano dinilai memiliki keindahan alam dan pantai yang eksotik.

Dengan keindahan alamnya, Pulau Enggano Miliki Potensi Pariwisata yang dijadikan alasan pemerintah pusat memilih dan menjadikan pulau terluar itu sebagai pusat perayaan hari kemerdekaan.

Koordinator Lapangan (Korlap) Upacara HUT RI ke 71 di pulau Enggano, Imron Rosyadi mengatakan kesempatan Bengkulu sebagai tuan rumah peringatan HUT RI ke 71 adalah sebuah momentum agar pulau Enggano yang indah tersebut dapat lebih dikenal baik wisatawan daerah maupun Internasional.

"Dengan acara ini Bengkulu lebih dikenal, kita akan jadikan Enggano sebagai tempat pariwisata Internasional. Kita lihat Enggano tidak kalah indah dengan Bunaken dan Raja Ampat. Kita harap Bengkulu bisa menyaingi itu," katanya, Jumat (16/07).

Pulau Enggano, Lanjut dia, selain menyimpan keindahan alam juga lokasinya tidak jauh dan sangat dekat dengan Ibukota. Baca juga: Penerbangan ke Enggano Disubsidi Pemerintah.

"Bengkulu hanya satu jam dari Jakarta, kalau naik kapal bisa lebih cepat. Kalau Raja Ampat dan Bunaken harus dua kali naik pesawat. Jadi Enggano lebih dekat," ucapnya.

Namun, keinginan Pemda Provinsi Bengkulu untuk menjadikan Enggano sebagai icon dan tempat wisata Internasional harus mendapat dukungan penuh pemerintah pusat. Baca juga: Enggano Poros Maritim Bengkulu dan RM Tawarkan Enggano Jadi Pangkalan Militer RI.

"Kalau serius mau bangun Enggano maka harus ada intervensi pemerintah sebab Enggano ini 95 persen alamnya masih alami sekali, disana bisa snorkling, Diving dan Fishing," ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Bengkulu, Ridwan Mukti juga mengatakan Pulau Enggano akan dijadikan destinasi wisata andalan Indonesia ke depan.

"Kita siap menjadikan enggano sebagai destinasi wisata Indonesia asalkan pemerintah pusat siap keroyokan untuk pembangunan pulau terluar tersebut," katanya.

Namun, kata Ridwan, jika pemerintah pusat dan Pemprov Bengkulu melakukan keroyokan membangun Enggano, maka pulau ini ke depan akan menjadi destinasi wisata bagi Indonesia.

Selain itu, marketing atau pemasaran Enggano ke dunia luar harus diperkuat, sehingga nama Enggano akan dikenal masyarakat secara luas baik di dalam negeri maupun mancanegara. Baca juga: Tower di Pulau Enggano Rusak dan Pendidikan di Pulau Enggano Memilukan.

Dengan demikian, wisatawan lokal dan manca negara akan tertarik untuk berkunjung ke Enggano. Apalagi adanya Temuan Mengejutkan LIPI di Pulau Enggano bakal mendorong minat wisatawan. Baca juga: LIPI Kaji Desa Adat Pulau Enggano.

"Sekarang akses menuju pulau terluar ini sudah dapat ditempuh melalui angkutan laut dan udara. Pesawat perintis melayani rute Bengkulu-Enggano dan sebaliknya 3 kali seminggu," ujarnya. [MS]