Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berita Ramadhan : Yo Botoi Jadi Yo Saur

Informasi: Kirimkan tulisan kegiatan Ramadhan anda dilengkapi foto kegiatan dan KTP. Kirim ke email: pedomanbengkulu@gmail.com. Semoga berkah Ramadhan Rp 200.000 bisa anda menangkan. Program Berita Ramadhan Berhadiah ini dipersembahan oleh Anggota DPD RI, Riri Damayanti John Latief, S.Psi. Marhaban ya Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriah


*Icha KhairiahSahur

Indonesia memang selalu kreatif mengkreasi budaya. Salah satunya adalah membangunkan orang untuk santap sahur di malam Ramadhan. Saya tidak tahu, apakah tradisi ini juga ada di negara lain.

Di Kota Bengkulu, aktivitas membangunkan orang sahur cukup unik dilakukan. Kendati tak jauh beda dengan daerah lain, para 'pembangun' sahur biasanya didominasi oleh anak-anak.

Mereka berteriak-teriak tak karuan - mungkin memang niat untuk membangunkan orang sungguh kuat. Kalau tidak puas berteriak, mereka tak lupa membawa beberapa perkakas yang siap dipukul. Seperti gendang, dol, tasa, hingga piring kaleng bekas. Yang penting bisa mengeluarkan bunyi.

Untuk menghibur diri, para anak-anak Kota Bengkulu ini juga secara kreatif menggubah sebuah lagu khas daerah ini.Adalah lagu 'Yo Botoi Botoi' yang diubah liriknya menjadi 'yo saur saur....."

Sambil bernyanyi, para anak-anak berkalungkan sarung itu asik mengitari lingkungan. Tak jarang mereka membawa petasan untuk dibakar di lokasi-lokasi tertentu.

Tentu ini juga sering membuat nenek-nenek yang sedang bermimpi kaget hingga terperanjat bangun. Saking kagetnya, si nenek kadang mau marah.

Tapi nenek kemudian ingat. Bulan puasa kan dilarang marah. Nenek lalu meredamnya dengan makan sahur. Ini ceritaku, mana ceritamu?

*Warga Kota Bengkulu