Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Berita Ramadhan : Nikmat Puasa dengan Selalu Berbuka Bersama

Informasi: Kirimkan tulisan kegiatan Ramadhan anda dilengkapi foto kegiatan dan KTP. Kirim ke email: pedomanbengkulu@gmail.com. Semoga berkah Ramadhan Rp 200.000 bisa anda menangkan. Program Berita Ramadhan Berhadiah ini dipersembahan oleh Anggota DPD RI, Riri Damayanti John Latief, S.Psi. Marhaban ya Ramadhan. Mari tingkatkan amal ibadah di bulan suci ini. Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1437 Hijriah


 

[caption id="attachment_27022" align="alignleft" width="300"]Berita Ramadhan Keceriaan anak-anak Masjid Al-Barokah saat bertemu dengan anggota Komite II DPD RI Riri Damayanti John Latief[/caption]

Syamsul Bahri*

Berbuka bersama sepanjang bulan suci Ramadhan merupakan tradisi bertahun-tahun yang tak pernah lepas dari masyarakat RW 2 Kelurahan Sumber Jaya. Berbuka bersama ini dilaksanakan di Masjid Al-Barokah, atau di tengah-tengah pemukiman penduduk Pulai Baai.

Berkumpulnya mayoritas masyarakat dari segala usia di Masjid Al-Barokah juga tampak pada puasa pertama bulan Ramadhan 1437 Hijriyah atau tanggal 6 Juni 2016. Hidangan buka puasa ini diantarkan secara swadaya oleh masyarakat ke masjid.

Untuk yang mengantarkan perbukaan maka setiap hari ditentukan jadwal piket. Setiap Ketua-ketua RT ditunjuk untuk menjadi koordiantor yang mengantarkan perbukaan. Keceriaan, keakraban dan kehangatan terjalin antar warga ketika berbuka bersama berlangsung.

Mengingat Nabi Muhammad pernah bersabda bahwa setiap orang yang memberika buka puasa orang yang berpuasa, maka ia memperoleh pahala seperti orang yang berbuka itu tanpa sedikitpun pahala orang yang berpuasa tersebut membuat tradisi buka bersama ini lestari.

Kami juga merasa bersyukur bisa mempertahankan tradisi ini mengingat bahwa sabda Nabi Muhammad bahwa ada tiga orang yang doanya tidak ditolak, yaitu pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka dan doa orang yang terdzolimi.

*Sekretaris Masjid Al-Barokah Kelurahan Sumber Jaya Kecamatan Kampung Melayu