Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Nikmati Gerhana Lewat Kertas Rontgent Bekas

12833300_1055961277802726_1217263049_n 10510150_1055909881141199_1472230090_nBENGKULU SELATAN, PB - Berbagai cara untuk menikmati gerhana matahari. Di Bengkulu Selatan, tempat favorit untuk menyaksikan fenomena alam itu di Pantai Pasar Bawah, Manna Bengkulu Selatan. Rata-rata Tidak ada alat khusus yang digunakan pengunjung untuk melihat kejadian langka itu. Dengan bermodalkan kertas rontgent bekas dan menempelkannya ke mata, pengunjung sudah bisa melihat gerhana matahari dengan penuh suka cita.

"Kalau pakai kaca mata hitam gak jelas. Kalau pakai kertas rontgen ini jelas. Terlihat jelas proses gerhananya," terang salah sorang pengunjung pasar Bawah Ilyas. Baca juga: GMT, Ribuan Warga Padati Benteng dan Gerhana Matahari, Kota Bengkulu Bermuhasabah

Fenomena alam langka tersebut juga dimanfaatkan oleh Wakil Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi untuk menyaksikan secara langsung. Gusnan juga memboyong anak dan isterinya ke Pantai Pasar Bawah sekalian untuk menikmati liburan.

Gusnan juga sempat mengabadikan foto gerhana matahari tersebut di Kamera dan smartphonenya. "Sengaja saya dan keluarga ke sini untuk enikmati dan menyaksikan fenomena alam yang langka ini. sekaligus ajang promosi wisata Pantai Pasar Bawah," singkat Gusnan.

Salat Gerhana

Sementara itu, di Kota Manna beberapa Masjid menggelat salat sunat gerhana. Dua Masjid yang sempat dipantau pedomanbengkulu.com yakni Masjid Maria Affan di kompleks Pondok Pesantern Alquraniyah dan masjid Jamik di Tanah Lapang.

Baca juga: Dua Masjid di Bengkulu Selatan Siapkan Shalat Gerhana

Salat gerhana di Masjid Jamik diikuti oleh ratusan jemaah baik laki-laki maupun perempuan. Hadir dalam kesempatan itu Kepala Kantor Kemenag Bengkulu Selatan Yasaroh Maksum dam Kepala KUA Pasar Manna.
Dalam khutbahnya di Masjid Jamik Ketua Nahdatul Ulama Bengkulu Selatan Abdul Munir menyampaikan bahwa dengan adanya fenomena alam gerhana matahari ini menuntut manusia khususnya umat Islam untuk selalu bersyukur dan meningkatkan ibadah kepada Allah SWT. (Apdian Utama)