Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Suhajar: Wali Kota Terbaring Sakit

Suhajar_Diantoro 1BENGKULU, PB - Keberadaan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan di Pakistan sejak tanggal 20 Oktober 2015 yang lalu, telah menimbulkan pertanyaan bagi sebagian kalangan. Pasalnya, banyak pihak yang sanksi dengan kondisi kesehatan yang mengharuskannya beristirahat beberapa bulan.


Baca juga: Ijin Wali Kota Sesuai Aturan dan Izin Sakit Wali Kota Akan Diperpanjang


Hal tersebut mendapat sanggahan dari Pejabat Gubernur Bengkulu, Suhajar Diantoro setelah menerima data lengkap terkait kondisi kesehatan Wali Kota Bengkulu. Ia mengatakan saat ini Helmi Hasan sedang terbaring sakit di Hospital Sultan, Pakistan.


Mantan Rektor IPDN itu juga merasa perihatin dan berencana untuk menjenguk langsung Helmi Hasan di Pakistan. "Beliau sedang dirawat di Hospital Sultan. Sebenarnya saya mau menjenguk dan melihat langsung keadaanya tetapi masih bayak pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan disini," ucapnya saat ditemui Pedoman Bengkulu, Selasa (26/01/2016).


Dengan melihat langsung hasil rekam medik kesehatan dan bukti surat dari rumah sakit Pakistan tersebut, Penjabat Gubernur tersebut berencana menindaklanjuti permohonan dan menyetujui perpanjangan izin sakit Wali Kota Bengkulu. "Permohonan izinnya akan saya teruskan ke Mendagri Insya Allah hari ini," ungkapnya.


Sementara itu, Pengamat Hukum Tata Negara Universitas Bengkulu, Elektison Somi mengatakan permohonan izin sakit yang diajukan oleh kepala daerah tidak ada batasan waktunya. Menurut dia, bila sedang sakit setiap orang berhak untuk mendapatkan izin berobat sampai hingga sembuh total.


Meskipun sakit tidak berbatas waktu dan tidak diatur dalam aturan perundangan, izin sakit bagi kepala daerah harus transparan bahwa yang bersangkutan memang benar-benar sakit. "Kejelasan sakitnya harus ada dan transparan bahwa yang bersangkutan memang benar sakit dan dikeluarkan oleh medik sehingga harus ada jaminan dalam bentuk izin sakit," terangnya. [MS]