Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Kesejahteraan Petani Sawit Perlu Ditingkatkan

[caption id="attachment_8477" align="alignleft" width="300"](Foto: Kelapa-Sawit.Org) (Foto: Kelapa-Sawit.Org)[/caption]

BENGKULU, PB - Tidak stabilnya harga sawit di Provinsi Bengkulu tahun ini, ternyata mendapat perhatian serius dari Wakil Gubernur Bengkulu, Sultan Bachtiar najamudin.


Menurut Wagub, Bengkulu sangat potensial menjadi raksasa di bidang ekonomi karena memiliki sumber daya alam yang sangat kaya dan melimpah yang menjadikan banyak investor tertarik menggelontorkan dananya di provinsi ini.


Lanjutnya, dibidang pertanian kita punya perkebunan sawit yang luas. Keberadaan pabrik penting untuk pengembangan CPO ke depan yang diharapkan, Indonesia  tidak hanya menjual produk dalam bentuk mentah tapi sampai pada produk akhir.


Sultan berharap keberadaan pabrik kelapa sawit di Bengkulu, berpihak kepada kepentingan petani Bengkulu, " Jangan sampai terjadi potongan ilegal yang dilakukan pabrik, " selama ini saya dengar ada potongan dari pabrik, yang membuat harga sawit dari petani menjadi murah,"katanya kepada Pedoman Bengkulu.


Seharusnya tim penetapan harga tandan buah segar kelapa sawit, bisa lebih banyak turun kelapangan, agar perusahaan memberikan data pembelian buah sawit sesuai dengan Undang- Undang, jika tidak mengikuti aturan maka akan diberikan sanksi.


"Di Bengkulu ada 25 pabrik, hanya 8 perusahaan yang mengikuti penetapan harga sesuai peraturan," jelasnya.


[MS]