Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Pasca Banjir Bandang, Ini Langkah Penanganan Cepat Menurut Camat Lebong Sakti

PedomanBengkulu.com, Lebong - Pasca kejadian banjir bandang yang menimpa sejumlah wilayah Kabupaten Lebong Selasa (16/04/2024), selain trauma healing bagi warga terdampak, juga diperlukan penanganan cepat dampak banjir dengan komunikasi, yang baik antar instansi teknis termasuk dengan jajaran pemerintah desa. Hal tersebut diungkapkan Camat Lebong Sakti, Sabirin S.Sos, selaku pimpinan kecamatan yang wilayahnya banyak terdampak banjir.

"Untuk Kecamatan Lebong Sakti, untuk kawasan pemukiman terdampak ada 4 Desa meliputi Desa Ujung Tanjung III, Ujung Tanjung II, Ujung Tanjung I dan Muning Agung. Sedangkan untuk desa- desa lainnya hanya menimpa kawasan persawahan," ungkap Sabirin ditemui di posko induk Kantor Camat Lebong Sakti, Rabu (17/04/2024) siang

Sabirin juga menyebutkan, untuk mempercepat proses penanganan pasca banjir yang telah melanda warganya. Dirinya mengatakan, pentingnya kerja sama antar instansi pemerintah untuk mengatasi dampak yang ditimbulkan oleh bencana alam. 

"Hal yang bisa dilakukan untuk saat ini yang pertama adalah, menyalurkan air bersih bagi warga untuk memasak. Selanjutnya membantu warga untuk membersihkan material lumpur di badan jalan maupun rumah warga dengan bantuan mobil Damkar. Kita takut sisa lumpur yang ada dapat menyebabkan debu yang rentan dengan penyakit ISPA bagi warga," bebernya.

Berdasarkan hasil pantauan dilapangan, lanjut Sabirin, sejumlah langkah taktis termasuk bantuan-bantuan lain bagi warga terdampak. Pihaknya masih menunggu hasil rapat koordinasi penanggulangan bencana tingkat kabupaten. 

"Untuk realisasi air bersih memang saat ini sudah berjalan, tapi untuk membantu warga membersihkan lumpur di badan jalan dan dirumah warga, kami masih menunggu hasil rakor yang sekarang masih berlangsung di tingkat Pemkab Lebong," pungkasnya.[spy]