Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Perbedaan TV dan Monitor, Pilih yang Mana? Simak Penjelasannya

 


PedomanBengkulu.com - Mungkin banyak orang yang menganggap TV dan monitor adalah benda yang sama karena bisa menampilkan gambar. Padahal keduanya adalah benda yang berbeda sehingga Anda perlu mengetahui perbedaan TV dan monitor agar tidak salah paham.

Perlu Anda ketahui, pabrikan terlebih dahulu memproduksi televisi jauh sebelum memproduksi monitor. Selain itu, kedua benda tersebut memiliki sejumlah perbedaan dari segi karakteristik, kegunaan, dan fitur.

Perbedaan TV dan Monitor, Pilih yang Mana? Simak Penjelasannya

Anda mungkin pernah menjumpai atau menggunakan televisi dan monitor, terlebih televisi modern yang semakin sama dengan monitor. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengetahui perbedaan antara TV dan monitor agar tidak salah mengenalnya.

1. Bentuk

Perbedaan pertama bisa Anda lihat dari bentuk televisi dan monitor meskipun jika melihat sekilas hampir sama. Televisi sendiri hadir dalam dua bentuk, yaitu bentuk tabung atau model lama dan bentuk flat atau televisi modern.

Televisi juga tidak membutuhkan komponen lain agar bisa menampilkan gambar, hanya perlu menggunakan remote saat menyalakan dan mematikan. Sedangkan bentuk monitor saat ini juga datar atau flat dengan penyangga di bawahnya.

2. Resolusi Layar

Tidak hanya dari segi bentuk saja yang berbeda, namun Anda juga perlu memperhatikan hal lain agar lebih paham. Pasalnya, masih banyak orang yang menganggap televisi sama dengan monitor karena bisa menampilkan gambar berwarna.

Salah satunya dari segi resolusi layar, televisi memiliki resolusi lebih rendah dari monitor guna memberi kenyamanan saat menonton jarak jauh. Sedangkan resolusi monitor lebih tinggi guna menghasilkan gambar yang jelas serta tajam.

3. Ukuran Layar

Sebenarnya ada banyak perbedaan TV dan monitor yang perlu Anda ketahui agar tidak salah mengenalnya. Meskipun sama-sama berfungsi menampilkan gambar tetapi ukuran televisi lebih besar dan beragam.

Ukuran televisi mulai dari 14 inci hingga 50 inci atau bisa mencapai ukuran satu pintu sehingga lebih puas untuk menonton jarak jauh. Sedang monitor juga memiliki ukuran beragam tetapi tidak sebesar televisi guna menjaga kenyamanan mata saat menggunakannya.

4. Reflection

Jika Anda melihat model televisi modern tentu terlihat tidak jauh berbeda dengan monitor sehingga menganggapnya sama. Padahal dari segi karakteristik sampai kegunaan keduanya jelas berbeda, termasuk dari segi reflection atau refleksi.

Sebagian besar monitor hadir menggunakan lapisan matte yang berguna mengurangi pantulan cahaya atau refleksi layar. Pada televisi biasanya menggunakan lapisan glossy agar tampak mengkilap saat terkena cahaya serta bisa memantulkan cahaya.

5. Fungsi

Jika Anda perhatikan, kini bentuk televisi lebih ramping dan menyerupai monitor tetapi berbeda dari segi kegunaan. Televisi berguna memberikan hiburan yang ditampilkan dalam bentuk gambar ideal tanpa memerlukan perangkat lain.

Fungsi utama televisi untuk menonton berbagai acara, film, atau video streaming, sedangkan monitor berfokus aplikasi dan tampilan data. Jika tertarik menggunakan monitor, Nada bisa menggunakan monitor Polytron 22 inch yang memiliki resolusi 1366 x 768 piksel, serta sudah menggunakan teknologi XBR subwoofer pada fitur speaker.

Tidak hanya itu saja, Polytron 22 inch juga sudah mendukung konektor VGA, HDMI, dan USB guna lebih mudah menikmati berbagai tayangan. Untuk mendapatkan berbagai fitur monitor polytron 22 inch, Anda bisa langsung membelinya melalui platform belanja online Blibli.

Blibli adalah salah satu platform belanja online terbesar yang terpercaya karena menawarkan produk original dengan harga terjangkau. Sekian ulasan tentang perbedaan TV dan monitor yang perlu Anda ketahui sehingga tidak perlu bingung saat memilih salah satunya.