Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Mantap! Dinilai Berkomitmen Meningkatkan Layanan Kesehatan, Bupati Kopli Ansori Terima UHC Award 2023

PedomanBengkulu.com, Jakarta – Bupati Lebong Kopli Ansori menerima penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Award tahun 2023 dari Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Republik Indonesia. Penghargaan tersebut diberikan, karena kabupaten Lebong yang dipimpin Bupati Kopli Ansori dinilai sangat berkomitmen tinggi, untuk peningkatan kualitas layanan kesehatan bagi masyarakat. Bahkan untuk program UHC sendiri, Kabupaten Lebong sudah mencapai 97,53 persen, atau hampir secara keseluruhan masyarakat Lebong sudah terdata dalam program UHC.

Penghargaan bertajuk "Wujud nyata komitmen Pemda dalam mendukung program jaminan kesehatan nasional bagi masyarakat Indonesia," diberikan kepada 22 provinsi dan 334 kabupaten. Dibuka secara resmi oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, untuk Kabupaten Lebong sendiri diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan RI Budi G Sadikin disaksikan Mendagri, Menteri PMK, Menteri Keuangan, Menteri Kesehatan, Menteri Sosial, Kepala Bappenas, Direktur BPJS Kesehatan dan Ketua Dewan Jaminan Sosial Nasional di Balai Sudirman Tebet Jakarta Selatan, Selasa (14/3/2023).

Berdasarkan data yang dirilis BPJS Kesehatan Lebong per 1 Maret 2023, dari 110.223 jiwa penduduk Lebong, tercatat 107.505 jiwa sudah masuk sebagai peserta program JKN dengan rincian 57,237 sebagai peserta PBI APBN Kementerin Sosial, 22.640 PBI APBD (Jamkesda), 16.688 PPU (Pekerja Penerima Upah), 10.270 PBPU (Pekerja Bukan Penerima Upah), 670 bukan pekerja.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Lebong Kopli Ansori menyampaikan rasa bangga akan penilaian pemerintah pusat, pencapaian dan diraihnya UHC Award 2023 semata memang komitmen Pemkab Lebong untuk meningkatkan layanan kesehatan bagi masyarakat Kabupaten Lebong.

"Penghargaan UHC Award ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Lebong. Ini bukti bahwa kami (Pemkab,red) melalui Dinkes Lebong, selalu berusaha untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat Kabupaten Lebong," ungkap Bupati Kopli Ansori usai menerima penghargaan di Balai Sudirman Jakarta, Selasa (14/3/2023) siang.

Ditambahkan Kopli, dari pencapaian UHC, diharapkan masyarakat di Kabupaten Lebong dapat lebih dipermudahkan dalam mendapatkan layanan kesehatan. 
Selain itu, dirinya juga mengharapkan semakin tingginya  sinergitas dan koordinasi dengan BPJS Kesehatan agar bisa bersama-sama meningkatkan mutu layanan kesehatan.

"Dengan kerja keras dan sinergitas dengan semua pihak, tujuan utamanya agar masyarakat dapat merasakan manfaat jaminan kesehatan secara merata," pungkasnya.

Dalam acara penerimaan penghargaan UHC Award 2023, Bupati Lebong Kopli Ansori juga didampingi Kepala BPJS Lebong Diky Ardi Yuda, Kadis Dinkes Lebong Rachman dan sejumlah jajaran dan OPD teknis lainnya.[spy]