Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bupati Kopli Ansori Usulkan Pembangunan Perpustakaan Skala Nasional Kepada Perpusnas RI

PedomanBengkulu.com, Jakarta - Mengingat pentingnya keberadaan perpustakaan sebagai media pendukung gerakan minat baca dan pengembangan literasi, sekaligus usaha peningkatan mutu sumber daya manusia (SDM) yang ada di Kabupaten Lebong. Bupati Lebong Kopli Ansori didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Nurmanhuri serta sejumlah kepala OPD, menghadiri undangan audiensi dengan Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Republik Indonesia, Muhammad Syarif Bando beserta Sekretaris Utama dan para Deputi di Gedung Perpusnas RI Jakarta, Senin (20/2/2023).

Bupati Lebong Kopli Ansori sangat mengapresiasi undangan audiensi dari pihak Perpusnas RI. Dalam kesempatan itu juga, Bupati Kopli juga berharap Perpusnas RI dapat merealisasikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Pembangunan Gedung Perpustakaan di Kabupaten Lebong berskala nasional, demi pengembangan literasi masyarakat di Kabupaten Lebong.

"Selain mengusulkan DAK 2024 untuk pembangunan Gedung Perpustakaan skala Nasional, beserta fasilitas teknologi informasi perpustakaan, kita juga menyampaikan usulan penambahan Mobil Perpustakaan Keliling (Pusling). Agar bisa direalisasikan pihak Perpusnas untuk Pemkab Lebong," ungkap Bupati Kopli dikonfirmasi usai pertemuan di Perpusnas RI, Senin (20/2/2023) sore.

Selain itu, lanjut Bupati Kopli, dirinya tidak hentinya mengingatkan seluruh jajaran OPD terkait, agar terus berusaha mengajukan usulan pembangunan maupun program pemberdayaan ke Pemerintah pusat. Karena menurutnya, harus ada kerja keras untuk mengejar agar mendapatkan anggaran pusat.

"Diusulkan saja belum tentu dibantu, apalagi tidak mengusulkan sama sekali. Paling tidak usaha dan kerja keras secara berkelanjutan harus terus ditanamkan setiap Kepala OPD untuk bersinergi dengan stackholder pusat," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lebong Nurmanhuri menyebutkan, kehadiran rombongan audiensi dari Pemkab Lebong ke Perpusnas RI mendapatakan sambutan yang baik. Apalagi, tidak semua daerah yang mengajukan proposal DAK itu dipimpin langsung oleh Bupati atau kepala daerah langsung.

"Alhamdulillah, kita mendapatkan apresiasi yang tinggi dari pimpinan Perpusnas RI, karena delegasi kita dipimpin langsung oleh Bapak Bupati Kopli Ansori. Untuk usulan pembangunan gedung Perpustakaan, Teknologi pendukung Perspustakaan dan Mobil Pusling sudah kita sampaikan. Mudah-mudahan dapat direalisasikan pihak Perpusnas RI," harapnya.[spy]