Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Bengkulu Bangkit dengan Masjid

Masjid Agung At-Taqwa Kota Bengkulu

PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Baru-baru ini Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu menyatakan komitmen bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan menjadikan Masjid yang ada di Bumi Rafflesia tidak hanya sebatas sebagai tempat ibadah tetapi juga memiliki fungsi sosial dan ekonomi.

Ketika Masjid memiliki program-program keagamaan, sosial, pendidikan, kesehatan dan ekonomi untuk masyarakat sekitar, hal itu disebut selaras dengan visi misi Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu pada bidang pengembangan ekonomi.

Itu berita baik, sebab dalam Kitab Muntakhab Ahadits karya Maulana Muhammad Zakariyya al-Kandahlawi tertulis Rasulullah Muhammad shalallahu 'alaihi wa sallam pernah bersabda bahwasanya tempat yang paling dicintai Allah subhanahu wa ta'ala di muka bumi adalah Masjid.

Dalam hadist lain di kitab tersebut Rasulullah bersabda, barangsiapa yang mencintai masjid, maka Allah mencintainya. Ulama katakan, tafsirnya, bila suatu provinsi mencintai dan memakmurkan masjid, maka Allah akan mencintai dan memakmurkan provinsi tersebut.

Maka komitmen Pemprov Bengkulu untuk bersama Dewan Masjid Indonesia (DMI) akan memakmurkan Masjid yang ada di Bumi Rafflesia tidak hanya sebatas sebagai tempat ibadah tersebut patut disambut dengan antusias dan gerakan nyata, bukan hanya sebatas wacana.

Berdasarkan data yang dilakukan secara online melalui aplikasi Sistem Informasi Masjid (SIMAS) pada laman simas.kemenag.go.id pada tahun 2020 di Provinsi Bengkulu terdapat 4.090 masjid. Artinya, bila 4.090 masjid ini makmur, maka Allah berikan kemakmuran untuk Bengkulu.

Masjid Jogokariyan, sebuah masjid di Kampung Pinggiran Selatan Yogyakarta, dapat dijadikan teladan yang baik bagaimana menerapkan manajemen masjid sebagai tempat ibadah sekaligus memiliki fungsi sosial ekonomi meskipun masjid ini harus melewati proses panjang bertahun-tahun.

Untuk di Bengkulu, bila upaya ini dimulai oleh kepala daerah, tentu tidak perlu waktu bertahun-tahun. Kepala daerah punya begitu banyak kewenangan yang bila dimobilisasi untuk memakmurkan Masjid, upaya ini akan menjadi gerakan masif.

Gerakan ini akan menjadi gerakan terpenting yang perlu dan mendesak untuk segera dilakukan bila Bengkulu ingin benar-benar bangkit. Masjid adalah rumah Allah, memakmurkan Masjid berarti menolong agama Allah, bila Bengkulu menolong agama Allah, Allah pasti akan tolong Bengkulu untuk mengentaskan kemiskinan, penangguran, banjir dan berbagai masalah lainnya.