Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Sering Membawa Barang Pakai Sepeda Motor? Simak Tips Berikut Agar Aman dan Nyaman


PedomanBengkulu.com, Bengkulu - Sepeda motor menjadi pilihan bagi banyak masyarakat Indonesia untuk bertransportasi. Tidak hanya sebagai transportasi, tetapi juga sebagai pengangkut barang bawaan atau kebutuhan usaha. 

Namun sayangnya, banyak yang tidak memperhatikan sisi keamanan saat membawa barang di atas sepeda motor.

Menurut Instruktur Safety Riding Astra Motor Bengkulu Noval Yunaidi, apabila ingin membawa barang dengan motor, pengendara harus memperhatikan beberapa poin penting ketika membawa barang agar tetap aman dan nyaman.

Bila barang berdimensi besar pastikan terikat kencang di jok belakang. Barang yang dibawa juga disarankan agar tidak menutupi lampu sein agar saat berbelok ke kanan atau kiri, pengendara lain dapat melihat lampu isyarat. 

Sangat disarankan barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara dan tidak lebih lebar dari setang kemudi agar tidak penutupi fungsi dari kaca spion.

“Karena bisa mempengaruhi akselerasi dan keseimbangan motor saat berkendara," jelasnya.

Untuk motor tipe matic, jika barang bawaan kecil sebaiknya ditaruh di bawah jok atau di sisi kaki depan pengendara. Posisi barang seperti ini akan lebih mudah dikontrol oleh pengendara ketika sedang berkendara.

Terakhir, jangan memaksakan membawa barang dalam satu kali perjalanan, jika terlalu banyak barang bisa dibawa dalam beberapa kali perjalanan.

"Jika sedang membawa barang, pengendara harus selalu ingat agar membatasi kecepatan. Sehingga meminimalisir bahaya akibat gangguan keseimbangan karena beban barang," pesan Noval. [Kucir.06]