Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Awas Buaya di Muara Ngalam Seluma

Ilustrasi buaya : freepik.com


Pedomanbengkulu.com, Seluma - Buaya muara dikabarkan muncul di kawasan Muara Ngalam, desa Pasar Ngalam kabupaten Seluma. Reptil ganas tersebut dilaporkan warga yang hendak mencari ikan pada selasa (2/3/2022) malam kemarin dan berjumlah tiga ekor. 

Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bengkulu membenarkan telah menerima informasi mengenai kemunculan buaya di kawasan warga mencari ikan tersebut. 

"Memang benar sudah kami terima informasi masyarakat, mengenai adanya tiga ekor buaya di kawasan Muara Ngalam. Hari ini kami lakukan pengecekan ke lokasi," ujar Mariska Tarantona, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II BKSDA Bengkulu.

Mariska menyebut, kemunculan buaya di kawasan muara sungai adalah hal yang wajar, karena memang merupakan habitatnya. 

"Seluruh kawasan muara sungai itu airnya percampuran tawar dan asin atau payau, sehingga memang menjadi habitatnya buaya muara atau Crocodylus Porosus. Banyak ikan, kepiting, ataupun lokan yang merupakan makanannya disana," jelasnya. 

Untuk itu BKSDA mengimbau kepada masyarakat, agar waspada bila sedang berada di kawasan muara sungai. Karena hewan tersebut dapat menyerang maupun memangsa siapapun yang ada disekitar habitatnya. 

"Tidak bisa kami pindahkan karena memang habitatnya, tetapi kami imbau masyarakat berhati hati saat beraktifitas disekitar muara, karena hewan dilindungi tersebut sangat membahayakan," jelasnya. 

Serangan buaya sebelumnya dilaporkan terjadi di Kabupaten Mukomuko. Akibatnya seorang pencari lokan di sungai Selagan meninggal dunia. (IT2006)