Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Tingkatkan Mutu Guru, Disdik Gelar SGI Master Teacher

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas P...

PedomanBengkulu.com, Bengkulu Utara – Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Provinsi Bengkulu khususnya di Kabupaten Bengkulu Utara, Dinas Pendidikan Bengkulu Utara bekerja sama dengan lembaga zakat Dompet Duafa melakukan kegiatan Sekolah Guru Indonesia (SGI) Master Teacher. Kegiatan ini pertama kalinya diadakan di Provinsi Bengkulu yang pelaksanaannya di tempatkan di Kabupaten Bengkulu Utara tepatnya di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Darul Ilmi yang berada di Kecamatan Pinang Raya, Sabtu (18/9/2021).

Fasilitator Program SGI Master Teacher Korwil Provinsi Bengkulu, Winda Ayu Dwinata, S. Pd menjelaskan bahwa SGI Master Teacher ini merupakan angkatan ke 44 yang diadakan dibeberapa wilayah di Indonesia, salah satunya di Kabupaten Bengkulu Utara Provinsi Bengkulu. Kegiatan ini hanya diperuntukan untuk guru honorer tingkat SD. Untuk mengikuti kegiatan ini para guru harus mengikuti tahapan seleksi sebelum terpilih menjadi peserta. Dari 35 peserta hanya 26 guru yang terpilih menjadi peserta SGI Master Teacher.

“Kegiatan ini telah mendapatkan izin dari Dinas Pendidikan. Syaratnya harus guru SD dan mengikuti tahapan seleksi. Ada nanti bantuan untuk para guru yang telah terpilih menjadi peserta,” jelas Winda Ayu Dwinata, S. Pd.

Kegiatan SGI Master Teacher ini dilakukan selama kurang lebih 3 bulan dan peserta akan diwisuda tepat pada peringatan Hari Guru Nasional tepatnya pada 25 November 2021 mendatang. Setelah diwisuda diharapkan guru dapat menjadi guru pemimpin bagi para guru yang ada di instansinya dan siap membagikan pengalaman yang telah didapat.

“Guru yang telah mengikuti kegiatan ini nantinya akan mendapatkan ijaza setelah diwisuda dan siap berbagi ilmu kepada guru lainnya,” jelasnya.

Kepala Bidang Pembinaan Sekolah Dasar (SD) Dinas Pedidikan Bengkulu Utara, Sugeng Prayitno, S. Pd sangat menyambut baik kegiatan SGI Master Teacher. Menurutnya untuk meningkatan kualitas pendidikan di Bengkulu Utara hal yang paling utama ditingkatkan adalah kualitas seorang guru dalam mengajar.


“Harapannya nanti guru yang terpilih dapat menerapkan 10 pilar kepemimpinan dan kualitas pendidikan di Provinsi Bengkulu khususnya di Bengkulu Utara dapat terus meningkat sehingga menciptakan generasi muda yang berkualitas,” jelas Kabid Pembinaan SD.

Koordinator Wilayah 5 Suparji, M. Pd mengatakan sangat mendukung penuh kegiatan tersebut karena telah bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Bengkulu Utara. Dirinya berharap kegiatan tersebut dapat berlanjut dan tidak hanya tingkat SD tetapi juga tingkat Taman Kanak-Kanak (TK) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Saya merasa senang karena diadakan di Korwil 5 dan sangat mendukung kegiatan yang dapat meningkatkan kualitas guru di Bengkulu Utara,” jelas Suparji.

Kepala Sekolah SDIT Darul Ilmi, Asep Kasuari, S. Pd mengatakan sangat senang dan bangga karena kegiatan tersebut diadakan tempat dirinya memimpin. Dirinya berharap setelah diadakannya kegiatan ini guru-guru yang ada di Bengkulu Utara menjadi guru yang kreatif dan inovatif. [Sugeng]