Sticky

FALSE

Page Nav

HIDE

GRID

GRID_STYLE

Hover

TRUE

Hover Effects

TRUE

Berita Terkini

latest

Lima Tahun Rafflesia Motions Berkarya untuk Bengkulu

BERAWAL dari Komunitas Film Indie Bengkulu, Rafflesia Motions berdiri pada tanggal 24 Agustus 2012. Dalam berorganisasi, komunitas ini mengedepankan kedisiplinan, jiwa kekeluargaan, dan manajemen dalam wadah organisasi.

Visinya, menghasilkan karya audio visual yang orisinil untuk memperkaya budaya Indonesia, berkebebasan dalam berkarya, mengedepankan kemandirian, dan ikut andil dalam proses mencerdaskan bangsa.

Untuk mencapai visi tersebut, mereka menetapkan misi memasyarakatkan film dan memfilmkan masyarakat, menjadikan komunitasnya sebagai wadah silaturahmi bagi para sineas film dan pemerhati perfilman, turut andil dalam memajukan perfilman Indonesia, membuat tayangan audio visual yang berkualitas, juga berprestasi di bidang sinematografi.

Pada 2 Agustus 2016, Rafflesia Motions resmi menjadi CV. Rafflesia Motions Productions, sebuah rumah produksi yang ada di kota Bengkulu yang bergerak di bidang jasa audio visual. Namun sederet prestasi telah di raih sebelum dan sesudah menjadi CV.

"Kita hadir di Bengkulu untuk berkarya demi memajukan Bengkulu di bidang audio visual atau sinematografi. Karya-karya kita yang unik dan ekspresif untuk memperkenalkan Bengkulu sekaligus mempromosikan Bengkulu lewat tayangan film pendek, fiksi maupun dokumenter. Di samping itu di Bengkulu sangat minim wadah atau ruang untuk mempresentasikan karya-karya film indie atau lokal sehingga Rafflesia Motions berinovasi membangun spirit kreativitas dan sekaligus menciptakan ruang-ruang apresiasi setiap tahunnya untuk para sineas lokal Bengkulu," kata Sofian Rafflesia, salah satu sosok yang membidani kelahiran Rafflesia Motion.

"Rafflesia Motions hadir di Bumi Rafflesia ini dimana Bengkulu memiliki anak-anak muda yang hebat dan kreatif dan sebenarnya mereka mampu bersaing. Sayangnya wadah kreatif di Bengkulu sangat minim dan sangat sangat kurang dihargai. Apalagi profesi sebagai kreatif audio visual. Oleh sebab itu secara pribadi ingin memberikan edukasi yang baik bahwa ini profesi, profesi yg dilandaskan dari hoby serta berkembang dari pemikiran kreatif, dan kreatifitas harus dapat di apresiasi dan dihargai setinggi tingginya, karena kita punya karya," ujar Robby Fachru Rozie, sosok lain yang ikut membidani Rafflesia Motion.

"Rafflesia Motions bisa menjadi rumah untuk diskusi pengetahuan, pemahaman, serta pengalaman tentang film khususnya dan kegiatan audio visual lainnya, sehingga nantinya dapat berkarya bersama dengan proses manajemen produksi yang baik dan mengangkat konten-konten lokal di provinsi Bengkulu untuk bersaing di tingkat nasional ataupun internasional," ungkap R. Arif Hidayat, salah satu punggawa organisasi ini.

Tahun 2017, Rafflesia Motions menerima anak magang dari SMK Jurusan Multimedia yang ada di Kota Bengkulu dan Kabupaten Bengkulu Utara. Rentang Usia remaja yang pernah belajar di Rafflesia Motions dan terlibat di penggarapan film berkisar antara 16 – 22 tahun.

Mereka rata-rata siswa SMK jurusan broadcasting atau multimedia yang ada di Bengkulu. Selama magang mereka terlibat di penggarapan film terbaru Rafflesia Motions "Film Gading" dan mereka juga dituntut membuat film pendek untuk mereka sendiri dengan bimbingan tim Rafflesia Motions.

Dalam berkarya, Rafflesia Motions telah menerapkan Standar Operasional Prosedur (SOP). Artinya berkarya di sini sesuai peminatan masing-masing dan bekerja sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Misal penyutradaraan, kameramen, penulis naskah atau skenario, penata artistik, penata audio, editor dan lain-lain. Nah anak muda yang ikut terlibat bersama Rafflesia Motions sebelumnya di tanya dibagian mana mereka berminat.

Misal kameramen, maka akan dibimbing bagaimana mengambil gambar video yang benar sesuai dengan teknik dasar di bidang sinematografi, begitupun dengan peminatan yang lain di bidang audio visual.

Intinya, Rafflesia Motions punya silabus atau pakem yang dibagikan baik secara langsung lewat praktek maupun teori lewat workshop atau presentasi dengan melakukan roadshow ke sekolah-sekolah yang ada di Bengkulu, pemutaran film, dan juga diskusi.

Di tahun 2017 ini juga Rafflesia Motions telah memproduksi Film Lokal Bengkulu yang berjudul "Gading". Film ini melibatkan banyak pihak untuk saling bersinergi seperti dari tokoh publik, penata musik, wardrobe dan make up artist, juga seniman. Film ini pun merupakan film perdana Rafflesia Motions yang melibatkan banyak crew dan talent sejumlah total 40 orang.

Berikutnya di tahun 2017 ini Rafflesia Motions telah mendokumentasikan kegiatan kemah hijau utara dalam sebuah tayangan video pendek berdurasi 4 menit yang bertujuan untuk memperkenalkan kegiatan kemah hijau utara sekaligus menginspirasi banyak pihak bahwa banyak cara yang kreatif dan menyenangkan untuk mengajak para pelajar untuk mencintai alam, lingkungan, bumi dan sesama manusia seperti kegiatan kemah hijau utara ini dan semoga bisa melahirkan kegiatan serupa di daerah atau tempat lain di Bengkulu. [**]

KARYA RAFFLESIA MOTIONS SELAMA 5 TAHUN :
Beberapa karya audio visual yang diproduksi Rafflesia Motions :
1. Film Pendek Fiksi Edelweiss
2. Film Pendek Fiksi Junkiss 2 Long Beach
3. Film Pendek Fiksi Bendera
4. Film Pendek Fiksi Onthel Kakek Suryo
5. Film Dokumenter Bumi Rafflesia
6. TVC Hotel Santika Bengkulu
7. Film Dokumenter Bhayangkari Penginspirasi Bengkulu Utara
8. Video Liputan Pembukaan MUSDA DPD ASITA Bengkulu
9. Video Liputan Tour ke Bengkulu KJK (Komunitas Jantung Koroner) Jakarta
10. Video Liputan Kegiatan 250th Anniversary Conference Of CartervBoehm
11. Film Pendek Fiksi Memorabilia
12. Film Pendek Fiksi Gading
13. Film Dokumenter Lebong Tandai "Batavia Kecil di Bumi Rafflesia
14. Film Pendek Secangkir Kopi
15. Video Kemah Hijau Utara
16. Video Kolaborasi Gemufamire Polda Bengkulu
17. Video Tari Meumere HUT RI ke-72 bersama seluruh pejabat provinsi Bengkulu dan Kapolda Bengkulu di Balai Raya Semarak Bengkulu

REKAM JEJAK 5 TAHUN RAFFLESIA MOTIONS
Tahun 2012 :
1. 24 Agustus 2012 : Launching Komunitas Film Bengkulu “Raflesia Motion” di De Palma Resto, Pemutaran Film Indie Bengkulu Produksi 2011-2012, Gala Premier Edelweiss (Short Movie) Produksi Rafflesia Motions 2012
2. 21 – 27 November 2012 : Jambore Film Pendek 2013 di Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.
3. 25 Desember 2012 : Produksi Film “Junkiss, episode 2 : Long Beach”

Tahun 2013 :
1. 27 – 29 Januari 2013 : Produksi Film “Bendera” (Short Movie)
2. 9-13 Juli 2013 : Eagle Award 2013 Metro TV, Sofian dan Eko terpilih menjadi Semifinalis dengan judul proposal film dokumenter : Benteng Terakhir Seblat
3. 12 Oktober 2013 : Parade Film Indie Bengkulu 2013 dengan tema Untuk Mu Bengkulu Kami Berkarya di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya Bengkulu. Bentuk kegiatan berupa apresiasi dan pemutaran film indie karya anak Bengkulu.
4. 13 Agustus 2014, Produksi Film “Onthel Kakek Suryo” (Short Movie) Sutradara Sofian Rafflesia
5. 16 Nopember 2014, Rafflesia Motions menjadi Panitia Lokal Roadshow FFI 2014 di Taman Budaya Bengkulu yang menghadirkan Narasumber Alex Komang (Aktor & Skenario) dan Fajar Ramayel (Sutradara Film Animasi).
6. 21 Desember 2014, Parade Film Pendek Bengkulu dengan tema Untuk Mu Bengkulu Kami Berkarya 2 di Hotel Santika Bengkulu.

Bentuk kegiatan berupa pemutaran 8 film pendek karya anak Bengkulu

Tahun 2015
1. 14 Februari 2015, Lauching “Layar Indie Bengkulu” di Lapangan Merdeka (View Tower) Kota Bengkulu, bersama Komunitas Film Indie Bengkulu lainnya. 2. 3 Agustus 2015, Produksi Film “Memorabilia” (Short Movie) Sutradara Revaldy Novriansyah.
2. 28-29 November 2015, ikut berpartisipasi dalam Festival & Parade Film Indie Bengkulu 2012 yg diselenggarakan teater jengkal & kemendikbud, alhamdulillah film onthel kakek suryo meraih juara 1.
3. 27 Desember 2015, Parade Film Pendek Bengkulu dengan tema Untuk Mu Bengkulu Kami Berkarya 3 & Launching Film Dokumenter Bumi Rafflesia di Hotel Santika Bengkulu.

Bentuk kegiatan berupa pemutaran 6 film pendek karya anak Bengkulu dan juga pemberian penghargaan film.

Tahun 2016
1. 12 Maret 2016, Produksi TVC Hotel Santika Bengkulu.
2. 18 Agustus 2016, Peliputan Dokumentasi Musda ASITA Bengkulu di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu.
3. 7 Oktober 2016, Peliputan Kegiatan 250th Anniversary Conference Of CartervBoehm.
4. 13 Oktober 2016, Produksi Film Dokumenter Bhayangkari Penginspirasi Kab. Bengkulu Utara.
5. 28 Oktober 2016, Menjadi juri Festival Film Pendek Pelajar SMKN 2 Putri Hijau Kab. Bengkulu Utara.
6. 17 Desember 2016, Penyelenggaraan Apresiasi Film Pendek Bengkulu 2016 di Ballroom Hotel Santika Bengkulu sekaligus Launching Film Memorabilia produksi Rafflesia Motions.

Tahun 2017
1. 5-11 Februari 2017, Produksi Film Gading Sutradara Sofian Rafflesia
2. 16-18 Maret 2017, Mengikuti Rakor Komunitas Film : Identifikasi Potensi Komunitas Film di Indonesia di The Akmani Hotel Jakarta Pusat, 16-18 Maret 2017.
3. 30 Maret 2017, Promo film Gading yang bertajuk Meet & Greet Gading Movie, berupa lauching teaser dan BTS Film Gading, bincang-bincang seputar film gading dan Hari Film Nasional 2017.
4. 28-29 April 2017, Menjadi Pemateri Pembuatan Film Pendek kepada adik-adik pelajar peserta Kemah Hijau Utara yang diselenggarakan Yayasan Tenera Putri Hijau Kab. Bengkulu Utara
5. 15 Mei 2017, Produksi Film Dokumeter Lebong Tandai "Batavia Kecil di Bumi Rafflesia" sutradara R. Arif Hidayat
6. 06 Juli 2017, Sinema Balik Bengkulu di Hotel Santika Bengkulu bersama Pigura Bengkulu dan Mahasiswa IKJ asal Bengkulu, kegiatan pemutaran film karya mahasiswa IKJ
7. 16 Juli 2017, Produksi Film Pendek Secangkir Kopi
8. 19-25 Juli 2017, Workshop Film Tingkat Dasar Region II (Sumatera) di Hotel Danau Toba Internasional Medan Sumatera Utara (Bagas dan Dwi Aditya).
9. 12 Agustus 2017, Pembuatan Video Kolaborasi Gemufamire Polda Bengkulu
10. 17 Agustus 2017, Pembuatan Video Tari Meumere HUT RI ke-72 bersama seluruh pejabat provinsi Bengkulu dan Kapolda Bengkulu di Balai Raya Semarak Bengkulu

PRESTASI RAFFLESIA MOTIONS 5 TAHUN TERAKHIR
1. Peserta Jambore Film Pendek Bengkulu 2012 di Cibubur, Jakarta.
2. Semi Finalis Eagle Award 2013, Harmoni Indonesia di Metro TV Jakarta, dengan judul film “Benteng Terakhir Seblat”.
3. Menjadi Patner Lokal penyelenggara Road Show FFI 2014 di Bengkulu.
4. Penghargaan Gubernur Bengkulu, Film “Bendera” dalam ajang Parade Film Pendek Bengkulu 2013 di Taman Budaya Bengkulu.
5. Penghargaan Gubernur Bengkulu, Film “Onthel Kakek Suryo” dalam ajang Parade Film Pendek Bengkulu 2014 di Hotel Santika Bengkulu.
6. Juara Terbaik 1 Festival Film Indie Bengkulu, Film “Onthel Kakek Suryo”, yang diselenggarakan oleh Teater Jengkal dan Kemendikbud, 2015.
7. 3 Besar Nominasi Festival Film ACCFEST kategori Dokumenter Umum dengan Judul Film “Bumi Rafflesia” tahun 2015 di Bandung, Jawa Barat.
8. Penghargaan Launching Film Dokumenter “Bumi Rafflesia” karya Robby Fachru Rozie oleh GM Hotel Santika & Rafflesia Motion, 27 Desember 2015 di Hotel Santika Bengkulu.
9. Penghargaan Launching Film Pendek Fiksi “Memorabilia” karya Revaldy Novriansyah oleh Wakil Gubernur Bengkulu Bapak Rohidin Mersyah, 17 Desember 2016 di Hotel Santika Bengkulu
10. Peserta Terbaik 3 (R. Arif Hidayat) Workshop Pengembangan Perfilman Tingkat Dasar Bidang Sinematografi Regional Jawa, yang diadakan Pusbang Film Kemdikbud RI, 16 s.d 22 Maret 2017 di Bojongsari Depok.
11. Peserta Terbaik 1 (Bagas Rian Fatullah) Workshop Pengembangan Perfilman Tingkat Dasar Bidang Sinematografi Regional Sumatera yang diadakan Pusbang Film Kemdikbud RI, 19 s.d 25 Juli 2017 di Medan Sumatera Utara.

EVENT DALAM WAKTU DEKAT
1. Apresiasi Film Pendek Bengkulu 2017
2. Gala Premier Film Gading
3. Lauching Film Dokumenter Lebong Tandai "Batavia Kecil di Bumi Rafflesia"

RAFFLESIA MOTIONS CREW
1. Sofian, S. IP, M. Si
2. Robby Fachru Rozie, A. Md, S. S.sn
3. Revaldi Novriansyah, SE
4. R. Arief Hidayat, A. Md., S. Ikom
5. Ardin Setiawan, S. Ikom
6. Tigor Namora Sitorus, S. Ikom
7. Bagas Rian Fatullah
8. Dwi Aditya Nugraha